Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?

Industri bank digital makin subur di Indonesia. Berkat media dan gencarnya promosi, masyarakat cepat akrab dengan istilah baru ini.

Beberapa bank digital seperti Jenius, PermataME, D-Save Danamon, Digibank, dan yang teranyar TMRW by UOB, menuai banyak nasabah.

Tawaran bebas admin bulanan, tanpa setoran awal, pembukaan rekening online, serta gak repot antre di kantor cabang—pendeknya, segala hal yang gak sanggup dipenuhi bank konvensional—amat sulit ditolak.

Baca Selengkapnya

Review Ajaib: Data Saham Delay 15 Menit, Tapi Fee Rendah.

ajaib saham dan reksa dana

Nama platform investasi ini nyeleneh: Ajaib. Konon, nama itu terilhami rasa takjub “yang dirasakan seorang investor ketika pertama kali berinvestasi dan merasakan manfaatnya.”

Sayangnya, nama Ajaib gak seketika memberi sinyal ‘kredibilitas.’ Nama itu sepintas mirip nama penipu online yang biasa mengiklankan diri di Google Adsense dengan embel-embel Uang Gaib, Cara Melunasi Hutang Dengan Cepat (nah kan, Ajaib bahkan berima dengan Gaib).

Itu yang bikin saya ragu nyoba, meski sudah mendengar platform ini sejak 2019 lalu.

Saya tahu Shakespeare pernah bilang, “Apalah arti sebuah nama.” Tapi saya juga tahu Pramoedya Ananta Toer membantahnya di novel Bumi Manusia. Kata Pram, bagi orang Indonesia nama punya arti penting.

Baca Selengkapnya

Review Nyala Digital: Layanan Perbankan Digital dari OCBC NISP

Nyala OCBC NISP

Nyala Digital merupakan paket layanan perbankan digital yang dikeluarkan Bank OCBC NISP. Produk ini menyasar segmen anak muda.

Demi memperkuat citra youth, OCBC NISP meluncurkan kampanye Tidak Ada Yang Tidak Bisa (#TAYTB). Kampanye ini mengajak kaum muda berani mengejar cita-cita melalui pengelolaan uang secara smart.

Tahun 2019 OCBC NISP menggaet rapper muda Rich Chigga dan Rio Dewanto menjadi brand ambassador. Puncaknya, mereka mendanai produksi video Indonesia Rewind 2020 yang viral di penutup tahun.

Sejak pertengahan 2019 OCBC NISP merombak tampilan mobile banking-nya menjadi lebih segar. Di tahun yang sama, mereka meluncurkan fitur pembukaan rekening online — layanan yang perlahan menjadi norma umum penyedia jasa perbankan seiring pembatasan aktivitas akibat pandemi.

Baca Selengkapnya