Neu: Aplikasi Catatan Keuangan dan Transfer Antarbank Gratis

Ada aplikasi transfer antarbank baru bernama Neu, plesetan dari kata new yang berarti baru. Atau dalam versi copywriter mereka: “Cara baru untuk bertransaksi sehari-hari.”

Aplikasi ini menawarkan layanan transfer antarbank tanpa biaya admin, top up dompet digital, dan pembayaran berbagai tagihan.

Saya menemukan aplikasi ini tanpa sengaja saat iseng scroll aplikasi-aplikasi Google Play pada kategori Finance atau keuangan.

Neu terhitung masih sangat belia. Layanan ini dirilis pada 7 April 2020 di Google Play dan per 10 Oktober 2020 telah diunduh sebanyak 5 ribu kali. Sebanyak 170 pengguna me-review Neu dengan rating rata-rata 4,2 dari total 5 bintang.

Untuk layanan transfer antarbank, Neu bukan yang pertama. Sebelumnya sudah ada OY! dan FLIP yang beroperasi sejak 2016 dan diunduh jutaan kali di Google Play dan App Store.

Lantas, apa yang ditawarkan Neu demi bersaing dengan mereka?

Neu: Layanan transfer antarbank di atas infrastruktur SAFECASH

Neu merupakan produk finansial keluaran PT Neu Inklusi Keuangan yang bermarkas di Jakarta.

Dalam menjalankan layanan transfer dana, aplikasi ini menggunakan infrastruktur SAFECASH, sebuah layanan transfer dana milik PT Inklusi Keuangan Nusantara.

SAFECASH telah mengantongi izin transfer dana dari Bank Indonesia (BI) pada tanggal 14 Agustus 2019 dengan nomor lisensi 21/253/Bd/8.

Sementara PT Neu Inklusi Keuangan terdaftar di Kominfo pada 17 April 2020 sebagai penyelenggara sistem elektronik.

Tampilan aplikasi simpel. Tapi apa itu cukup?

Halaman depan aplikasi Neu

Sebetulnya, gak ada hal yang sungguh-sungguh inovatif yang ditawarkan Neu selain tampilan aplikasi berani dengan skema warna dominan hitam dan aksen hijau.

Pilihan ini sangat kontras dengan skema warna cerah yang umum dipakai aplikasi keuangan di Indonesia (OY!, misal, menggunakan skema warna putih dan biru). Dalam hali ini, Neu agaknya mengikuti tren dark theme yang tren belakangan ini.

Tampilan aplikasi juga terhitung sederhana. Seluruh fitur dapat kamu akses langsung di halaman utama. Saat membuka aplikasinya kamu akan langsung berhadapan dengan menu neuTransfer, neuBudget, dan Top Up & Tagihan.

Dengan tampilan demikian simpel, pengguna gak perlu beranjak sana-sini untuk bertransaksi.

Ukuran aplikasi Neu juga kecil, sehingga gak makan banyak ruang. Ukuran terpasang di Android hanya 33 MB, hampir separuh dari ukuran OY! (66 MB) atau FLIP (75 MB).

Kemudahan dalam mendaftar

Untuk dapat menggunakan layanan Neu, pengguna wajib terlebih dulu memverifikasi identitas diri.

Seperti kebanyakan fintech, proses pendaftaran dan verifikasi akun Neu dapat dilakukan secara online.

Kamu hanya perlu menyediakan e-KTP dan selfie memegang e-KTP. Wajarnya, proses verifikasi memakan waktu satu hingga tiga hari. Dalam kasus saya, verifikasi kelar hanya dalam sehari kerja.

Meski saya juga melihat beberapa review di Google Play yang menyebut verifikasi berlangsung hingga lebih dari seminggu.

Nyari kode referral Neu? Kamu bisa pakai kode IPUT5121.

Dengan menggunakan kode tersebut, kamu sekaligus mendukung blog ini. Tentu tanpa mengurangi hakmu atau menambah beban apapun.

Rekening sumber dan metode pembayaran terbatas

rekening sumber di neu

Per 12 Oktober 2020, Neu baru mendukung empat rekening sumber, yakni BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Dalam hal ini, rekening sumber adalah rekening bank yang menjadi asal dana untuk diteruskan ke bank tujuan.

Sederhananya, bila bankmu itu BTPN atau Danamon, kamu gak bisa melakukan transfer antarbank gratis.

Dengan terbatasnya bank sumber, terbatas pula transaksi transfer antarbank yang dapat dilakukan pengguna.

Selain itu, metode pembayaran di Neu juga terbatas pada transfer manual. Aplikasi ini belum mendukung metode virtual account ataupun debit card.

Tapi harus saya garis bawahi juga bahwa ini sesuatu yang biasa untuk layanan baru. Gak menutup kemungkinan akan ada peningkatan layanan ke depannya.

Baca juga: Review Ajaib: Data Saham Delay 15 Menit, Layak Coba? (Bonus reksa dana Rp 10.000)

Biaya transaksi di Neu cukup “mahal”

Selain kecepatan proses transaksi, persoalan biaya adalah satu aspek yang menentukan dari sebuah layanan pengiriman uang. 

Dari segi biaya, Neu gak menawarkan sesuatu yang istimewa. Selain cenderung “mahal,” mereka juga gak punya model pembebanan biaya alternatif seperti subscription atau langganan.

Memang, untuk layanan pengiriman uang antarbank Neu masih “menggratiskan” biaya transaksi dan hanya membebankan ratusan rupiah sebagai kode unik transaksi. Kode ini berfungsi untuk memverifikasi setiap transaksi transfer dana).

Kekurangannya, bila pada aplikasi FLIP dan OY! kode unik dikembalikan dalam bentuk deposit yang dapat kita cairkan saat mencapai jumlah Rp 10.000, besaran kode unik di Neu akan diambil oleh penyedia layanan.

Artinya, sebesar kode unik itulah biaya yang akan ditangung pengguna. Jadi, bisa dibilang ini gak sepenuhnya “gratis.” Pengguna membayar sejumlah kode unik transaksi.

Biaya yang jumlahnya “gak sedikit” juga muncul untuk jenis transaksi lain. Top up dompet digital, misalnya, dibebankan biaya beragam mulai dari Rp 1.000 untuk OVO, Rp 1.600 untuk GoPay, hingga yang terbesar Rp 2.100 untuk LinkAja.

Besaran biaya transaksi ini jauh lebih besar ketimbang layanan pesaing seperti OY! Indonesia. Di OY!, top up dompet digital gratis.

Cara transfer antarbank dengan Neu

Jika kamu sudah familiar dengan layanan OY! dan FLIP, saya yakin kamu gak bakal mengalami kesulitan dalam menggunakan Neu.

Untuk melakukan transfer antarbank, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Neu. Pilih menu neuTransfer.
  2. Ketuk Transfer ke rekening baru. Pilih bank tujuan.
  3. Pada halaman Masukkan Nomor Rekening, ketik nomor rekening tujuan. Lalu, ketuk CEK AKUN untuk melihat nama pemilik rekening tujuan. Jika sudah benar, ketuk LANJUT.
  4. Isi nomial transfer. Bila perlu kamu bisa menambahkan catatan. Ketuk LANJUT.
  5. Kamu akan diarahkan ke layar Konfirmasi Transfer. Pilih metode pembayaran. Hanya ada empat bank yang bisa kamu gunakan: BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Ketuk BAYAR untuk melanjutkan proses transfer.
  6. Pada layar Instruksi Pembayaran kamu bisa melihat nominal yang harus ditransfer (setelah ditambahkan tiga digit kode unik) dan rekening perantara milik PT Inklusi Keuangan Nusantara. Pastikan kamu transfer hingga tiga digit terakhir. Perbedaan jumlah transfer akan menghambat proses verifikasi.
  7. Kamu punya waktu tiga jam untuk menyelesaikan transaksi.
  8. Jika sudah mengirim dana, ketuk tombol SAYA SUDAH BAYAR di bagian bawah. Akan muncul pop up Konfirmasi Pembayaran. Ketuk Ya, SUDAH BENAR.
  9. Tunggu verifikasi dari pihak Neu. Proses pengecekan memakan waktu paling lama satu hari kerja.

Baca juga: Review Rekening Tahapan Xpresi BCA Online, Yay or Nay?

Jadi, apa Neu layak coba?

Sebelum memutuskan, mari kita ingat kembali kekurangan dan kelebihan aplikasi ini.

Kelebihan

  • Skema warna gelap sangat ramah bagi mata
  • Tampilan aplikasi simpel. Mudah diakses.
  • Ukuran aplikasi kecil dibanding aplikasi sejenis
  • Verifikasi identitas diri online

Kekurangan

  • Rekening sumber terbatas hanya pada empat bank
  • Hanya ada metode transfer manual
  • Biaya transaksi selain transfer bank terhitung “mahal”
  • Kode unik diambil Neu

Dengan sedikit catatan di atas, bagi saya, Neu masih belum bisa menjadi pilihan utama dalam daftar penyedia layanan transfer uang. Agar memperoleh gambaran lebih baik, mari bandingkan dengan layanan sejenis: FLIP dan OY!.

FLIP, layanan transfer antarbank yang meluncur pada 2016, menawarkan banyak fitur dengan jajaran customer service jempolan. Belum lama mereka merilis fitur remitansi atau pengiriman uang antarnegara.

Sementara OY! punya keunggulan dalam hal otomasi, pilihan rekening sumber, pilihan metode pembayaran, remitansi, penarikan uang tunai (baru-baru ini mereka launch ATM sendiri), dan tentu saja biaya.

Lantas, bagaimana dengan Neu? Layanan ini untuk sementara unggul dalam satu hal saja: keberanian dalam urusan user interface atau tampilan aplikasi.

Epilog: Tanpa terobosan lain, Neu hanya “menggarami laut”

Satu-satunya hal menarik dari Neu agaknya hanya tampilan aplikasi yang berani. Langgam warna gelap membuatnya outstanding dibanding aplikasi-aplikasi sejenis lainnya.

Sayangnya, tanpa tawaran lain, layanan demikian hanya akan “menggarami laut.” Sudah ada banyak di luar sana.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments