Feed Sharing: Fitur DANA yang Rawan Masalah Privasi

Feed Sharing DANA - Persoalan Privasi E-Wallet

Entah apa yang ada di benak DANA saat meluncurkan Feed Sharing. Selain gak guna, fitur ini freak dan potensial menimbulkan masalah privasi.

Feed Sharing bekerja layaknya feed media sosial yang memungkinkan pengguna membagikan aktivitas dan informasi di aplikasi DANA kepada pengguna lain. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna secara otomatis mengikuti aktivitas pengguna lain yang nomor HP-nya tersimpan di kontak. Begitu juga sebaliknya.

Misalnya, saat kamu memperoleh cashback di KFC, informasi tersebut akan muncul di feed sehingga temanmu dapat melihatnya. Sebaliknya, ketika temanmu mendapat cashback dari pembelian segelas Kopi Kenangan, kamu juga bisa melihatnya di feed. Lebih jauh, pengguna bahkan bisa merespons post temannya dengan menggunakan emoji.

Keuntungan terbesar dari fitur ini, menurut DANA, adalah membantu pengguna mendapat informasi promo terkini langsung dari kontak terdekatnya. Caranya gak lain dengan “mengintip” transaksi teman di feed.

Ini trik persuasif yang cerdik untuk menggiring pengguna lain melakukan transaksi yang sama. Meski pengguna bisa melihat sendiri daftar promosi melalui menu VIEW PROMOS, tapi efeknya jelas akan berbeda jika yang “memberi tahu” seorang kawan. Seperti halnya media sosial, rentetan feed yang konstan bisa menimbulkan efek psikologi saya-gak-boleh-ketinggalan.

Yang terburuk dari semua ini, dan saya kira rentan menimbulkan persoalan privasi, DANA mengasumsikan seluruh nomor HP yang tersimpan di kontak kita sebagai “Friends.” Ini jelas generalisasi kebablasan. Pertanyaannya, apa iya semua kontak kita isinya memang “teman” yang gak masalah kalau mereka mengetahui transaksi kita?

Memang, Feed Sharing bukanlah fitur imperatif atau wajib bagi pengguna layanan e-wallet DANA. Pengguna bisa mengatifkan dan menonaktifkannya kapan saja melalui Profile Settings > Privacy Settings > Feed Sharing. Tapi jujur, gagasan awalnya saja sudah ngehek. Apakah orang lain memang perlu tahu kita melakukan transaksi apa saja dengan DANA?

Menariknya, e-wallet lain juga gak mau ketinggalan. GoPay belum lama mengenalkan fitur feed yang bisa diakses dari Explore > Your feed. GoPay bahkan mewajibkan pengguna menyelipkan pesan untuk tiap transaksi transfer antarpengguna. Lebih parah lagi, pengguna gak bisa menonaktifkan fitur ini secara penuh.

Sebetulnya, gagasan menghadirkan elemen media sosial ke aplikasi keuangan bukan sesuatu yang baru. Di Amerika Serikat, Venmo sudah melakukannya lebih dari satu dekade melalui fitur social feeds. Bahkan, dulu Venmo mewajibkan pengguna punya akun Facebook untuk dapat menggunakan layanannya. Padahal, Facebook dikenal sebagai perusahaan yang “haus” data.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments