Review SeaBank: Bunga Dibayar Per Hari, Jadi Asik Meski Fitur Basic

Review SeaBank Indonesia - OrangKamar.com

“A no-brainer” dan “less is more” adalah dua ekspresi yang cocok menggambarkan layanan SeaBank, bank digital baru yang dibekingi raksasa e-commerce Shopee.

SeaBank gak punya banyak fitur canggih seperti Bank Jago atau Jenius. Fiturnya amat basic. Bahkan ada kesan seadanya. Sungguh, meski bukan berarti tak layak pakai.

Lihat gimana SeaBank menjelaskan keunggulan produk tabungan mereka. Lempeng banget:

  • Bunga tabungan tinggi 4%
  • Dapat uang setiap hari (merujuk pada pembayaran bunga setiap hari)
  • Bebas biaya admin
  • Bebas biaya transfer

Sebetulnya, dengan menimbang empat poin itu saja kalian sudah bisa memutuskan akan membuka rekening SeaBank atau tidak. Jika sedang terburu-buru, kalian bisa berhenti membaca artikel ini sekarang juga.

👍 Fitur unggulan: Fitur verifikasi wajah untuk transaksi dengan nominal tertentu, bunga kompetitif yang dibayar setiap hari, bebas bea admin bulanan dan transfer, serta bebas bea admin dan penanganan top up ShopeePay dan pembayaran transaksi Shopee.
👎 Kelemahan: Kartu debit, QRIS, sub-rekening, personalisasi akun, deposito, dan hampir semua yang kalian bayangkan dari sebuah bank digital.
❤️ Cocok untuk: Orang yang puas dengan rekening tabungan tok atau mereka yang masuk kategori pengguna hardcore layanan Shopee.

Lompat ke bagian: Tabungan 🌊 | Aplikasi 📱 | Keamanan 🚨 | Biaya 💲 | Pembukaan Rekening 🤳 | Penghakiman ⚖️

Sekilas SeaBank Indonesia 👋

Bank SeaBank Indonesia (sebelumnya Bank Kesejahteraan Ekonomi atau Bank BKE) berdiri di Jakarta pada 1991 dan memulai kegiatan perbankan pada 1992. SeaBank tercatat sebagai bank BUKU 2 yang memiliki modal inti Rp1 – 5 triliun.

Pada 2021, Sea Limited, perusahaan konglomerat teknologi asal Singapura yang juga induk Shopee menjadi pemegang saham mayoritas di Bank BKE. Akuisisi ini dilakukan melalui Turbo Cash, anak usaha Sea Limited yang berbasis di Hong Kong.

Turbo Cash masuk ke Bank BKE secara tak langsung dengan terlebih dahulu membeli saham dua pemegang saham terbesar Bank BKE: Danadipa Artha Indonesia (94,95%) dan Koin Investama Nusantara (5,05%).

Turbo Cash membeli saham Danadipa melalui dua tahap. Pertama sebesar 71,94% pada Januari 2020 dan ditambah menjadi 82,19% pada November 2020. Sementara pembelian 66,66% saham Koin dilakukan pada Juni 2020.

Pada 10 Februari 2021, nama Bank BKE yang disandang sejak 2015 resmi berganti menjadi Bank Seabank Indonesia. Atau lebih kita kenal sebagai SeaBank.

Tabungan SeaBank 🌊

Hanya inilah produk yang ditawarkan SeaBank saat ini. Rekening digital tanpa buku tabungan (sebagai gantinya e-statement yang bisa kamu unduh dari aplikasi), serba bebas biaya admin ini-itu, dan gratis biaya transfer.

Setidaknya, hanya itu yang ditawarkan via aplikasi perbankan digital mereka. Kalau kita mengintip situs Bank BKE (nama lama SeaBank), sebetulnya masih ada tawaran produk lain seperti Giro SeaBank dan Deposito SeaBank. Entah nanti produk ini bakal terintegrasi dengan aplikasi SeaBank atau tidak.

Untuk produk Tabungan, mereka menawarkan suku bunga yang kompetitif. SeaBank memberi suku bunga 4% p.a. (sesuai Tingkat Bunga Penjaminan Bank Umum LPS periode 29 Mei 2021 – 29 September 2021).

Menariknya, pembayaran bunga dilakukan setiap hari selepas pukul 00.00. Ini yang terutama saya suka dari mereka.

Perlu dicatat, SeaBank bukan satu-satunya bank digital yang menawarkan pembayaran bunga harian. Rivalnya yang rilis bulan Maret 2021, Neobank by Bank Neo Commerce, menerapkan model yang sama.

💸 Promo: Suku bunga Tabungan SeaBank naik menjadi 7% untuk periode promosi 1 September – 31 Desember 2021.

Aplikasi 📱

🎤 Apa kata pengguna? Per 25 September 2021, aplikasi SeaBank telah diunduh lebih dari 100.000 kali di Google Play Store. SeaBank memperoleh rating 4,4 dari seribu lebih review pengguna.

Kebanyakan pengguna memuji kesederhanaan aplikasi (“… mungkin karena sering pakai Shopee,” kata satu user menyadari kemiripan desain keduanya), kecepatan, dan kemudahan penggunaan.

Tampilan aplikasi SeaBank Indonesia

Mereka juga menyukai pembukaan rekening yang seamless (“… gak sampai 5 menit, sudah punya rekening,” sebut satu pengguna) dan aturan biaya yang ringan.

Meski kesederhanaannya dipuji, hal yang sama menjadi sasaran komplain. Yunanto Hendra, misalnya, mengeluhkan minimnya fitur: “Belum ada pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dll. Kartu ATM tidak ada, virtual e-card tidak ada, QRIS juga tidak ada.”

Pengguna bernama Nico Nathanael malah menyebut tawaran SeaBank biasa saja. Bahkan suku bunga yang diunggulkan dinilai gak istimewa. Menurutnya, “Bunga 4% juga sudah banyak yang kasih itu.”

Sementara di App Store, rating SeaBank mencapai 4,4 dari 5 bintang (per 25 September 2021). Ada 146 penilaian. Kesan mereka tidak jauh beda dengan pengguna versi Android.

✔️ Kelebihan: Aplikasi simpel, tinggal plug and play. Pengguna gak bakal perlu tour awal atau mengintip FAQ untuk mengerti cara kerjanya.

Hanya ada tiga menu: Beranda, Bayar/Transfer, dan Saya. Di layar beranda kamu bisa melihat Saldo Tabungan, Pendapatan Bunga (yang di-update setiap hari), dan Riwayat Transaksi.

Sementara di layar Bayar/Transfer, kamu bakal menemukan empat kanal tujuan transfer: sesama akun SeaBank, Bank Lain, E-wallet (ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan i.Saku), dan Virtual Account. Transfer ke seluruh kanal ini bebas biaya admin. Menariknya, untuk top up ke ShopeePay nasabah SeaBank akan tetap kena potongan Rp 500.

Update: Per Agustus 2021, SeaBank menggratiskan biaya top up ShopeePay (bebas biaya admin).

Kekurangan: “Ah, aplikasinya minim fitur, pasti lebih cepet nih.” Awalnya saya mikir begitu. Tapi sampai derajat tertentu, saya salah. Kinerja aplikasi SeaBank gak bisa dibilang ciamik. Soal waktu startup aplikasi, misalnya, perlu waktu ‘cukup’ lama mulai dari otorisasi login, loading, hingga layar utama benar-benar terbuka. Untuk urusan ini, Bank Jago masih juara.

Hal yang sama terjadi saat saya membuka Riwayat Transaksi. Meski sekali data sudah muncul, membuka rinciannya akan terasa mulus.

Ukuran ter-install aplikasi SeaBank (155MB) juga terhitung besar, bahkan jauh lebih besar dari Bank Jago (94MB) atau BCA Mobile (96MB) yang punya fitur lebih beragam.

Selebihnya adalah komplain terkait ketiadaan fitur ‘bank digital’ umumnya. Saya gak akan bahas ketiadaan kanal pembayaran tagihan atau semacamnya.

Yang jadi catatan saya: gak ada kartu ATM/debit baik fisik maupun virtual dan metode scan QRIS. Tanpa kartu ATM, nasabah gak bisa melakukan penarikan tunai via ATM. Tanpa kartu debit dan QRIS, nasabah gak bisa melakukan pembayaran transaksi di merchant.

Pilihan yang tersisa hanya Transfer Bank dan Virtual Account. Persoalannya, bahkan untuk metode Virtual Account SeaBank masih minim dukungan. Kita bahkan belum bisa pakai metode ini untuk membayar transaksi di Shopee — e-commerce yang notabene punya saham secara gak langsung di SeaBank.

Update: Per Agustus 2021, nasabah sudah bisa menggunakan virtual account SeaBank untuk melakukan top up ShopeePay dan pembayaran transaksi Shopee. Dengan VA SeaBank, konsumen Shopee bisa menikmati layanan pembayaran bebas biaya admin dan biaya penanganan.

Untuk waktu dekat, saya pikir SeaBank belum akan merilis fitur kartu debit. Per 15 Juli 2021, SeaBank (dahulu Bank BKE) hanya memegang izin penerbitan Kartu ATM (untuk tarik tunai dan transfer, gak bisa untuk melakukan pembayaran) dari Bank Indonesia. Mereka belum punya izin Kartu Debit.

💡 Catatan: Lihat penjelasan Bank Indonesia mengenai perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit.

Keamanan 🚨

Privasi: SeaBank memungkinkan kalian mengaitkan atau linking akun Shopee kalian dengan akun SeaBank. Jika ini kalian lakukan, aplikasi SeaBank bakal menerima username Shopee, foto profil, nomor HP, dan email.

Tapi, apa keuntungan buat kalian yang melakukan ini? Sejauh ini hanya fakta bahwa kalian gak perlu mengisi seluruh data pribadi secara manual (nomor HP dan email). Gak lebih. Gak ada integrasi sistem pembayaran atau semacamnya.

Jadi, dalam hemat saya not worth it.

💡 Catatan: Kamu gak wajib menautkan akun Shopee untuk menjadi nasabah SeaBank.

Keamanan login dan transaksi: SeaBank mengotorisasi login dengan password dan OTP via SMS (khusus untuk login pertama). Untuk login selanjutnya nasabah bisa mengaktifkan metode Touch ID, sehingga lebih cepat.

Sementara untuk transaksi in app (transfer, dll), nasabah diwajibkan menginput enam digit PIN. Sebagai tambahan lapis keamanan, kamu bisa mengatur Batas Transfer hingga maksimum Rp 100 juta melalui menu Pengaturan Pembayaran.

Untuk transaksi dengan nominal tertentu, aplikasi SeaBank juga bakal meminta verifikasi wajah melalui kamera depan ponsel nasabah. Kalian bakal diminta menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri untuk menyelesaikan verifikasi transaksi. Fitur keamanan yang penting, meski agak awkward ketika harus dilakukan di tempat yang ramai.

Notifikasi instan: SeaBank sudah mendukung fitur notifikasi instan. Itu artinya, kamu akan menerima pemberitahuan transaksi secara real time baik untuk transaksi masuk ataupun keluar. Notifikasi akan muncul di notification bar HP kalian.

Aplikasi SeaBank sudah dilengkapi pengaturan notifikasi yang memungkinkan nasabah untuk menghidupkan dan mematikan Notifikasi Marketing. Kamu juga bisa memilih melalui kanal apa notifikasi dikirimkan. Ada tiga opsi: SMS, Email, dan Aplikasi.

Pengaturan ini bisa diakses dari menu Saya, Pengaturan Umum, lalu buka Pengaturan Notifikasi.

Biaya Layanan 💲

Ketentuan biaya adalah aspek yang sangat dibanggakan SeaBank. Bisa dibilang, inilah yang memberinya daya saing dibanding produk perbankan sejenis.

Biaya pengelolaan rekening: SeaBank menggratiskan biaya pembukaan akun, biaya penalti saldo (fall below fee), biaya administrasi bulanan, biaya penutupan rekening, dan biaya rekening dormant.

Selain itu, gak ada ketentuan saldo awal minimum dan saldo minimum per bulan. Alias rekening bisa dinolkan.

Biaya transfer dan top up e-wallet: Sering melakukan transfer antar bank? SeaBank bisa membantumu meng-cover biayanya.

Mereka menggratiskan biaya transfer ke bank lain dan virtual account SeaBank (meski sementara ini saya belum menemukan merchant yang mendukung metode pembayaran ini, tidak juga induk mereka Shopee).

Suku bunga: Per 14 Juli 2021, nasabah bisa menikmati suku bunga 4% p.a. untuk produk Tabungan SeaBank.

Pembayaran bunga akan dilakukan setiap hari lepas pukul 00:00. Kamu bisa melihat total pemasukan dari bunga pada bagian Pendapatan Bunga di layar Beranda.

Pembukaan rekening 🤳

Kamu perlu memastikan tiga hal sebelum mendaftar. Pertama, usiamu sudah 17 tahun dan punya e-KTP. Kedua, Warga Negara Indonesia. Ketiga, gak punya kewajiban pajak di negara lain.

Setelah itu unduh aplikasi SeaBank di Play Store atau App Store. Pastikan koneksi internet kalian lancar saat mendaftar.

Pengalaman pembukaan rekening: Peluncuran aplikasi SeaBank bisa dibilang operasi senyap. Gak ada promosi meriah. Bahkan gak ada kampanye apapun terkait SeaBank di situs Shopee, saudara kandung bisnisnya.

Saya lupa dari mana tahu informasi launching SeaBank, yang jelas saya sempat ikut semacam ‘pre-register’ pertengahan Juni lalu. Sayangnya, saya gagal menjadi early user. Saat itu jumlah unduhan belum ada 500 kali di Play Store.

Saya baru berhasil mendaftar setelah SeaBank membuka akses pendaftaran ke publik, ketika unduhan sudah lebih dari 1000 kali.

Proses pendaftaran terhitung lancar dan lempeng. Setelah memverifikasi nomor HP dengan OTP (kalian juga bisa mendaftar dengan Akun Shopee, meski gak saya sarankan), kalian tinggal mengisi data diri berupa nama, nomor KTP, dan sebagainya.

Usai itu, kalian bisa melakukan verifikasi video call. Estimasi verifikasi memakan waktu lima menitan. Verifikator hanya akan menanyakan nama dan memintamu menunjukkan e-KTP.

Notifikasi persetujuan atau penolakan pembukaan rekening akan dikirim melalui SMS ke nomor HP kalian. Proses ini makan waktu gak lebih dari 10 menit.

Penghakiman ⚖️

Saya suka gaya no-brainer SeaBank. Mereka gak berusaha mencanggihkan apapun (termasuk logo mereka yang, mohon maaf, jelek banget 🤣).

Kalo kalian tipe orang yang puas dengan rekening tabungan tok (bayangin niat nabung di rekening Tabunganku, tapi ini dengan suku bunga menarik), atau pelanggan Shopee yang setia, SeaBank sangat pas.

Empat persen per tahun. Apalagi mereka bayar bunga setiap hari. Setidaknya, kamu bisa ngerasa menghasilkan sesuatu tiap harinya. Meski cuma Rp45.

Dengan kesederhanaan mendekati ‘aku ya gini aja,’ saya gak tega terlalu banyak komplain mengenai kekurangan SeaBank. Terlalu jelas, toh.


Artikel terbit pertama kali pada 15 Juli 2021. Diperbarui beberapa kali untuk menambah sejumlah informasi baru.

Subscribe
Notify of
guest
28 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments