5 Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin

Foto oleh bady qb/Unsplash

Kenapa kita perlu memikirkan cara-cara transfer antar bank gratis atau tanpa biaya admin?

Mari hitung-hitungan. Biaya transfer antar bank di Indonesia adalah Rp 6.500. Kalau dalam seminggu kamu transfer uang ke beda bank sebanyak 10x, maka biaya admin yang terpotong sejumlah Rp 65.000. Kalau 100x?

Banyak banget, cuy. Meski mungkin gak bakal kirim uang sesering itu, cuma boleh dong kita simulasi berapa banyak uang yang bakal kebuang.

Nah, karena hitung-hitungan tadi dan DNA hemat yang memang ada dalam jiwamu, kamu mulai berpikir: “Ada gak cara biar transfer antar bank gratis, bener-bener tanpa biaya admin?”

Jawabannya, ada! Ini beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu transfer antar bank gratis. Mari merdeka dari biaya admin.

DANA

Bebas biaya transfer bank aplikasi DANA

DANA adalah dompet digital Indonesia yang dibekali fitur-fitur keuangan terkini. Dalam promosinya DANA gencar mengenalkan layanan transfer antar bank gratis (artinya DANA menjadi semacam middle man).

Untuk menikmati fitur ini, kamu harus upgrade akun menjadi DANA Premium. Caranya dengan verifikasi e-KTP secara online.

Setelah itu kamu bisa mengakses menu Send di halaman depan aplikasi DANA. Pilih “Send to Bank Account.”

Kamu bisa transfer dari Saldo DANA atau dari kartu debit atau kredit yang kamu binding ke aplikasi DANA.

Minimal uang yang ditransfer adalah sejumlah Rp 50.000. Layanan bebas biaya admin ini berlaku ke seluruh bank.

Tiap akun DANA Premium mendapat jatah 10x gratis biaya transfer setiap bulannya.

Baca juga:
1. Bikin Rekening TMRW by UOB Dapat Bonus Saldo GoPay Rp 100.000
2. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?

LinkAja

Gratis biaya transfer antar bank LinkAja

LinkAja merupakan fintech patungan BUMN. LinkAja dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung kehidupan finansialmu, seperti tarik tunai di ATM Link, kanal pembayaran tagihan, pembayaran transportasi, dan sebagainya.

Enaknya lagi, aplikasi plat merah ini juga punya fitur transfer bank tanpa biaya admin. Syaratnya, kamu harus upgrade akun menjadi Full Service dengan cara verifikasi e-KTP secara online.

Tapi perlu dicatat, gratis biaya transfer hanya berlaku antar bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Caranya sederhana. Top up akun LinkAja milikmu (gratis admin dari bank Himbara), lalu kirim ke bank Himbara lainnya dengan fitur Transfer Bank.

Untuk menikmati fitur transfer tanpa biaya admin, minimal uang yang dikirim adalah Rp 10.000.

Oy! Indonesia

Bebas biaya transfer Oy Indonesia

Bagi kalian yang belum punya akun OY!, silakan download OY! menggunakan link berikut. Daftarkan diri kalian, verifikasi identitas, dan transfer dana ke rekening lain yang bukan atas namamu (rekening orang lain) untuk mendapatkan bonus top up GoPay Rp 10.000.

OY! Indonesia adalah aplikasi finansial serba bisa. Aplikasi ini punya fitur top-up dompet digital, catatan aktivitas keuangan, dan transfer antar bank.

Untuk dapat menggunakan Oy!, kamu harus menautkan (connect) rekening bank atau kartu debit.

Setelah itu kamu bisa menikmati fitur transfer antar bank gratis. Ada 3 pilihan metode pengiriman dana, yakni Debit Card, Virtual Account, dan Manual Transfer.

Untuk menikmati transfer tanpa biaya admin kamu harus menggunakan metode Manual Transfer. Tiap nominal transaksi akan ditambahkan Unique Code (kode unik). Besaran kode unik bervariasi dadi Rp 1 sampai Rp 999. Kode unik ini berfungsi sebagai identitas transaksi kalian.

Misal, kamu akan mengirim uang sejumlah Rp 10.000. Kamu akan diminta mengirim uang sejumlah Rp 10.000 ditambah kode unik (misal, 123). Total kamu harus mengirim Rp 10.123.

Tenang, uang kode unik itu akan diakumilasikan ke dalam deposit. Bila deposit sudah mencapai Rp 10.000, deposit bisa dicairkan ke rekeningmu.

Untuk dua metode pengiriman lainnya, tidak memerlukan kode unik. Selain itu, transaksi juga berlangsung lebih mudah dan instan.

Untuk yang mempunyai rekening di bank yang memungkinkan metode pengiriman virtual account (seperti Bank Permata), metode ini amat direkomendasikan.

Baca juga:
1. Transfer Saldo GoPay ke OVO dengan Oy! Indonesia
2. Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan GoPay

Flip

Transfer beda bank gratis dengan Flip id

Aplikasi ini berfungsi selayaknya Oy! Indonesia. Bedanya, kamu tidak diwajibkan menautkan rekening atau kartu debit.

Aplikasi ini cukup populer. Per 6 Agustus 2020, Flip sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play.

Flip menyediakan layanan transfer antar bank gratis atau tanpa biaya admin.

Setiap transfer akan ditambahkan Kode Unik tiga digit. Uang dari Kode Unik akan disimpan sebagai deposit. Kamu bisa mencairkan deposit setelah terkumpul saldo Rp 10.000.

Sebagai catatan, kamu dapat menggunakan fitur transfer antar bank gratis setelah melakukan verifikasi identitas.

Selain fitur transfer antar bank gratis, Flip juga menawarkan fitur terima uang (untuk sementara hanya bisa diakses dari website Flip.id), beli pulsa, dan isi paket data.

Salah satu kekurangan Flip adalah keterbatasan pilihan bank tujuan pengiriman. Untuk sekarang, Flip hanya melayani pengiriman dana ke 14 bank dalam negeri.

Meski begitu, Flip punya keunggulan tersendiri. Customer Service Flip sangat ramah dan responsif. Barangkali ini pula yang membuat aplikasi ini diunduh demikian banyak pengguna dengan rating mencapai 4.9.

GoPay

transfer gopay ke bank

Dulu kamu hanya bisa me-withdraw atau menarik saldo GoPay ke rekeningmu sendiri. Sekarang, saldo GoPay bisa ditransfer ke bank manapun di Indonesia.

Sama seperti DANA, GoPay dapat digunakan sebagai middle man untuk melakukan transfer antar bank gratis. Top up ke GoPay, lalu kirim ke bank tujuan.

Syaratnya, sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, kamu harus verifikasi e-KTP demi keamanan traksaksimu.

Minimal uang yang dikirim sejumlah Rp 10.000.

Selama bulan Maret 2020, GoPay memberi 6x gratis biaya transfer ke seluruh bank (Update: program gratis biaya administrasi transfer GoPay ke rekening bank sudah dihentikan. Untuk seterusnya pengguna akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 2.500).

Pada hari biasa kamu akan dikenai admin Rp 2.500. Tetap lebih murah dari biaya admin bank.

Baca juga:
1. Review Ajaib: Data Saham Delay 15 Menit, Layak Coba?
2. Makin Lengkap, Jenius Kini Punya Fitur Akun Bisnis

Epilog: Hemat dan Praktis

Aplikasi-aplikasi keuangan di atas dirancang untuk membantumu menghadapi bemacam rintangan transaksi keuangan.

Transfer uang antar bank yang dulu ribet—harus ke ATM dan ‘berat diongkos’ administrasi—kini sudah dipermudah. Hanya lewat aplikasi dan tanpa biaya admin pula.

Sekarang, pilihan untuk berhemat dan fleksibel dalam bertransaksi ada di tanganmu. Kamu mau transfer antar bank gratis atau tetap setia dengan keborosan?

Enak banget bisa berhemat biaya transfer, kan? Agar lebih hemat lagi, kamu juga perlu membaca artikel mengenai tarik tunai di gerai Alfamart secara gratis dengan aplikasi DANA dan ulasan beberapa bank digital yang menawarkan layanan bebas biaya administrasi.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments