Review Nyala Digital: Layanan Perbankan Digital dari OCBC NISP

Nyala OCBC NISP

Nyala Digital merupakan paket layanan perbankan digital yang dikeluarkan Bank OCBC NISP. Produk ini menyasar segmen anak muda.

Demi memperkuat citra youth, OCBC NISP meluncurkan kampanye Tidak Ada Yang Tidak Bisa (#TAYTB). Kampanye ini mengajak kaum muda berani mengejar cita-cita melalui pengelolaan uang secara smart.

Tahun 2019 OCBC NISP menggaet rapper muda Rich Chigga dan Rio Dewanto menjadi brand ambassador. Puncaknya, mereka mendanai produksi video Indonesia Rewind 2020 yang viral di penutup tahun.

Sejak pertengahan 2019 OCBC NISP merombak tampilan mobile banking-nya menjadi lebih segar. Di tahun yang sama, mereka meluncurkan fitur pembukaan rekening online — layanan yang perlahan menjadi norma umum penyedia jasa perbankan seiring pembatasan aktivitas akibat pandemi.

Pada tahun 2020, selain menggenjot kampanye rekening digital, OCBC juga mulai mempromosikan investasi reksa dana terjangkau mulai Rp 20.000.

Sekilas tentang Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP merupakan bank tertua keempat di Indonesia yang berdiri pada 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank.

Pada 1972 bank ini berganti nama menjadi PT Bank Nilai Inti Sari Penyimpan atau disingkat Bank NISP. Enam tahun kemudian, NISP menjadi nama resmi; bukan lagi sekadar singkatan.

Tahun 1997 merupakan periode penting bagi Bank NISP. Saat itu, bank mulai menjalin kemitraan dengan OCBC Bank, bank multinasional asal Singapura. Untuk diketahui, OCBC Bank merupakan bank terbesar kedua di Asia Tenggara dari segi aset.

Di tahun yang sama OCBC Bank mulai membeli saham Bank NISP dan akhirnya menjadi pemegang saham mayoritas pada 2005. Menjelang akhir 2008, Bank OCBC NISP dan Bank OCBC Indonesia (anak usaha OCBC Bank lainnya) melakukan penggabungan (merger) dan secara resmi memakai nama Bank OCBC NISP.

Pada tahun 2019, Bank OCBC NISP tercatat mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan. Kantor cabangnya tersebar di 259 lokasi dan mengoperasikan 669 ATM.

Menariknya, jumlah kantor cabang OCBC NISP menyusut hampir 50% ketimbang delapan tahun sebelumnya.

Penutupan kantor cabang merupakan ekses dari penurunan transaksi di kantor cabang. Sebaliknya, transaksi melalui kanal mobile dan internet banking justru meningkat tajam.

“Transaksi sekarang sudah 84 persen tidak di branch, entah dari mobile banking, internet banking atau call centre,” ujar Presdir OCBC NISP Parwati Surjaudaja.

Tidak bisa tidak, pengembangan aplikasi mobile banking ONe Mobile menjadi langkah strategis penting bagi Bank OCBC NISP.

Layanan NYALA Digital

Kesalahpahaman: Banyak orang bingung mengenai layanan Nyala OCBC NISP. Kebingungan pertama, apakah Nyala ini jenis rekening?

Jawabannya: Bukan. Nyala, Nyala Individu, dan Nyala Bisnis adalah paket layanan perbankan yang ditawarkan OCBC NISP. Masing-masing paket punya kombinasi produk berbeda, di dalamnya termasuk rekening tabungan.

Khusus untuk pendaftaran Nyala melalui aplikasi ONe Mobile, nasabah akan memperoleh rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital.

Kedua, apa bedanya Nyala dengan Nyala Digital?

Jawabannya: Keduanya adalah layanan yang sama. CS OCBC NISP kadang menyebutnya Nyala Digital untuk menegaskan perbedaan paket layanan ini dengan paket layanan lain (Individu dan Bisnis), dan sekaligus menegaskan “Nyala” yang dimaksud adalah hasil pembukaan rekening di ONe Mobile.

Dengan alasan itu, saya hanya akan memakai nama Nyala Digital untuk menegaskan jenis layanan yang saya bahas.

Kesalahpahaman ini bukan sepenuhnya kelalaian nasabah atau calon nasabah dalam membaca deskripsi produk. Harus diakui, deskripsi layanan Nyala OCBC NISP memang kurang jelas.

Gambaran umum: Nasabah yang membuka rekening melalui ONe Mobile secara default akan memperoleh paket layanan Nyala Digital (jenis layanan bisa ditingkatkan kemudian ke Nyala Individu atau Nyala Bisnis).

Selain memperoleh rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital, nasabah juga berhak menggunakan layanan Wealth Management. Layanan ini memungkinkan nasabah berinvestasi reksa dana, obligasi, dan bancassurance. Begitu juga dengan fitur pembukaan deposito online.

Nyala Digital menawarkan tiga jenis kartu debit: 1) kartu debit fisik Mastercard, 2) kartu debit fisik GPN, dan 3) kartu debit digital Mastercard. Jika tertarik, nasabah juga dapat mengajukan permohonan kartu kredit saat pendaftaran. Kartu debit fisik dan kartu kredit nantinya akan diantar kurir atau nasabah mengambil sendiri ke kantor cabang.

Biaya layanan: OCBC NISP tidak mengenakan saldo mengendap kepada nasabah Nyala Digital alias saldo tabungan dapat “dinolkan.” Nasabah Nyala Digital juga berhak menikmati gratis 10x transfer antarbank melalui kanal digital, gratis 10x tarik tunai di ATM bank manapun, gratis biaya admin, dan e-statement. Syaratnya, nasabah wajib menyimpan saldo gabungan minimal Rp 1 juta.

Yang dimaksud saldo gabungan adalah jumlah total dari saldo tabungan Tanda 360 Plus Digital, deposito, dan saldo investasi.

Anehnya, kebijakan biaya admin tidak sepenuh berlaku — atau setidaknya dalam kasus saya.

Dalam penjelasan komponen fee Nyala disebutkan bahwa nasabah akan dibebankan biaya admin bulanan Rp 20 ribu jika saldo gabungan di bawah Rp 1 juta.

Namun, saya pernah menguji kebijakan ini dengan mempertahankan saldo gabungan di bawah Rp 1 juta selama dua bulan, bahkan satu bulan dengan saldo gabungan hanya Rp 4.750. Hasilnya: tidak ada potongan biaya admin.

Lagi-lagi, mungkin saya yang kurang cermat membaca kebijakan biaya layanan mereka 😅

Pendaftaran

Pendaftaran Nyala Digital dapat dilakukan secara online melalui aplikasi ONe Mobile. Unduh aplikasi ONe Mobile di Google Play Store atau App Store. Siapkan e-KTP (SIM dan mungkin ijazah pendidikan terakhir), cuci muka 😎, dan mendaftarlah saat jam kerja. 

Ada tiga tahapan aktivasi. Pertama, lakukan verifikasi melalui video call. Kedua, isi rekening minimal Rp 200.000. Ketiga, aktivasi kartu debit. Jika kalian memilih pengiriman kartu debit dengan kurir, maka kartu debit akan dikirim ke alamat kalian menggunakan jasa ekspedisi SAP Express.

Saya gak akan menjelaskan langkah-langkah pendaftaran secara detil. Itu bukan rocket science. Alih-alih, saya akan memberi beberapa catatan mengenai pengalaman dan pertimbangan sebelum memutuskan mendaftar.

Pengalaman mendaftar Nyala Digital: Pendaftaran saya terhitung mulus, tapi gak semulus botak Deddy Corbuzier.

Seluruh tahap pendaftaran saya lewati tanpa kendala thanks to aplikasi ONe Mobile yang cukup stabil. Kendala baru muncul ketika proses verifikasi video call.

Komplain saya hampir mirip dengan keluhan pengguna lain bernama Andry Harmaji. Dia mengeluhkan proses verifikasi yang “panjang.” Ia menulis ulasan di App Store pada 4 Februari 2021. Bunyinya: “Verifikasi pembukaan rekeningnya seperti mau wawancara kerja sih. Semuanya ditanya, tidak seperti bank lainnya.”

Memang, seperti itu rasanya. Saya seketika membandingkannya dengan verifikasi video call TMRW, Jenius, SOL Shinhan, dan D-Save Danamon. Semuanya tidak “sekepo” OCBC NISP.

The final blow datang ketika verifikator meminta saya menunjukkan SIM sebagai “tambahan verifikasi.” What? Ketentuan ini sama sekali tidak disebutkan di awal.

Sialnya lagi, SIM saya sudah tidak berlaku. Saya menanyakan dokumen pengganti. Mereka lantas menyebutkan dokumen yang gak pernah terbayang bakal diminta saat pembukaan rekening bank: ijazah terakhir.

Awalnya saya ragu. Namun, toh ini sudah setengah jalan. Mereka kadung mendapat data yang lain. Akhirnya saya mengirim foto ijazah terakhir ke [email protected].

Seandainya mereka menyatakan ketentuan ini di awal, tentu saya gak bakal mendaftar 🤣

Tepat seminggu setelah verifikasi, kartu debit sampai di rumah. Saat membuka amplop, saya menemukan kartu perdana XL berlogo OCBC NISP. Ternyata ini bonus pembukaan rekening Nyala Digital.

Dengan kartu SIM ini, nasabah gratis mengakses aplikasi ONe Mobile. Selain itu, di bulan pertama, saya mendapat bonus 2GB dan 1GB untuk bulan-bulan berikutnya. Nice gesture.

Kartu debit Mastercard Nyala OCBC NISP dan bonus kartu perdana XL

Mendaftarlah jika: Kamu membutuhkan layanan perbankan yang terintegrasi dalam satu paket layanan yang dapat dioperasikan melalui aplikasi tunggal.

Jangan mendaftar jika:

  1. Kamu orang simpel yang hanya membutuhkan rekening tabungan.
  2. Menyukai produk dengan deskripsi jelas.
  3. Kurang nyaman dengan proses pendaftaran yang “bertele-tele.”

Gunakan link referral ini untuk mendaftar Nyala OCBC, isi rekening minimal Rp 1 juta, dan dapatkan bonus menarik.

Program referral gak mengubah pendapat penulis mengenai layanan OCBC. Lihat laman Dukung untuk mengetahui kebijakan referral blog ini.

Aplikasi: ONe Mobile

Pendapat pengguna: ONe Mobile merupakan aplikasi mobile banking OCBC NISP yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store. Pengguna memberi rating rata-rata 3,9 dari 5 bintang. Di App Store, ONe Mobile mendapat rating 4,0.

Tidak sedikit pengguna mengeluhkan kendala login dan pemrosesan perintah yang lamban, tampilan antarmuka rumit, tahapan transfer panjang, dan KYC yang cukup berbelit (mereka meminta tambahan foto SIM saat verifikasi). Sementara pengguna lain memuji kelengkapan fitur, kemudahan pembukaan rekening dan deposito online, sistem keamanan yang meyakinkan, serta kejelasan mutasi akun.

Kelebihan: ONe Mobile menawarkan beragam fitur. Mulai dari pembukaan rekening online; pengajuan kartu kredit, KTA, KPR, dan KPM; program Poin Seru; jual-beli 12 mata uang asing; hingga produk investasi dan wealth management (Reksa dana, Obligasi, dan Bancassurance). 

Selain itu, ada juga fitur kartu debit digital; penagihan uang melalui media sosial; top up dompet digital (GoPay, OVO, dan ONe Wallet); bulk transfer (transfer ke banyak tujuan sekaligus); dan software token untuk mengotorisasi transaksi di luar ONe Mobile.

Meski punya banyak fitur, pengembang mampu mempertahankan ukuran aplikasi tetap minimal. Total ukuran ter-install ONe Mobile di perangkat Redmi Note 8 hanya 125Mb, sekitar 25% lebih ringkas dari ukuran PermataMobile X yang mencapai 167Mb.

Kekurangan: Melihat banyaknya fitur di ONe Mobile, saya mendapat kesan pengembang hendak menghadirkan solusi menyeluruh bagi berbagai aktivitas perbankan dalam aplikasi tunggal.

Pendekatan yang bagus, mengingat nasabah gak perlu sering pindah platform untuk aktivitas tertentu.

Hanya saja ada beberapa kekurangan kecil — atau barangkali gak kecil-kecil amat.

Pengelompokkan fitur kurang optimal: Misalnya, mereka memisah pengaturan debit fisik dan debit online. Yang pertama ngumpet di menu Customer Service; sementara yang kedua dapat diakses langsung lewat menu Online Debit Card.

Pendekatan ini jelas kalah praktis ketimbang Jenius yang memusatkan pengelolaan kartu debit (baik fisik maupun elektronik) dalam payung Card Center. Aktivitas penerbitan, pemblokiran, dan pengaturan limit kartu dapat dilakukan dari satu menu.

Pengelompokan fitur-fitur yang punya kedekatan fungsi dan tujuan akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi.

Penamaan fitur agak membingungkan: Tengok fitur Fast Transfer di halaman depan ONe Mobile.

Namanya mengesankan bahwa fitur ini berfungsi untuk menyiapkan pintasan cepat atau shortcut transfer, layaknya Quick Transaction di SOL Shihan, dengan menyimpan data-data calon penerima.

Nyatanya ini adalah fitur Transfer dan Request antar pengguna ONe Mobile. Seperti halnya Send It dan Pay Me di Jenius.

Tahapan transaksi cukup panjang: Saya gak lebay soal ini. Bayangkan alur transfer yang mesti nasabah hadapi.

Menu Transfer > Transfer Option (Domestic atau Overseas) > Choose source of fund > Choose transfer destination (Transfer to new recipient atau My Account) > Recipient Info (Bank Name dan Account Number) > Transfer Information (Amount, Transfer Time, Transfer Type) > Confirm Your Recipient (Nama dan rekening penerima) > Konfirmasi transfer lagi > Konfirmasi transfer lagi > Transaction PIN.

Ada 10 tahap dan tiga kali konfirmasi. Tiga kali konfirmasi! Saya belum nemu aplikasi perbankan lebih insecure dari ONe Mobile dalam mengotorisasi satu transaksi.

Sebagai pembanding, TMRW hanya perlu empat tahap. Tahap pengisian informasi transfer ditampilkan dalam satu layar. Sementara konfirmasi dilakukan dengan tindakan menggeser sebilah tombol sebelum akhirnya nasabah memasukkan PIN.

Keamanan

Keamanan login dan transaksi: ONe Mobile menerapkan sistem login utama dengan password. Jika perangkat nasabah mendukung, tersedia pula opsi Fingerprint untuk memudahkan proses login.

ONe Mobile mewajibkan pengguna menginput Transaction PIN untuk mengotorisasi setiap transaksi penting. Sementara untuk beberapa aktivitas sensitif, seperti login di perangkat baru atau transaksi dengan kartu debit di merchant, enam digit OTP akan dikirimkan melalui SMS.

Pengiriman OTP terhitung reliabel. Pengalaman saya, OCBC belum pernah gagal mengirimkan SMS OTP.

Notifikasi instan: Nasabah dapat memantau setiap transaksi melalui notifikasi instan yang muncul pada notification bar ponsel nasabah. Fitur ini memberi informasi penuh atas transaksi yang terjadi pada akun nasabah.

Notifikasi instan dapat memberitahu nasabah jika kartunya telah dicuri atau digunakan orang lain untuk bertransaksi.

Jika itu terjadi, nasabah dapat dengan mudah memblokir kartu atau mengaktifkannya kembali melalui aplikasi.

Debit digital: Sebagai tambahan lapis keamanan, OCBC menawarkan kartu debit digital untuk keperluan berbelanja online. Nasabah bisa membuat lebih dari satu kartu.

Enaknya lagi, kartu debit digital dapat diterbitkan dan diblokir langsung dari aplikasi.

Itu artinya, jika suatu ketika situs online tempat kita berbelanja mengalami kebocoran data, kita dapat langsung memblokir dan membuat kartu debit digital pengganti.

Berbeda halnya bila kita menggunakan kartu fisik yang penerbitannya terkadang memerlukan waktu lebih lama.

Berita buruknya, kartu debit digital OCBC bukan jenis debit prepaid macam e-card Jenius. Artinya, kalian gak bisa top up dan withdraw saldo kartu. Saldo utama rekening Tanda 360 Plus Digital akan terkait langsung dengan kartu debit digital.

Lebih sial lagi, ternyata kartu debit digital OCBC belum bisa digunakan untuk transaksi internasional seperti pembayaran langganan Netflix atau Spotify — informasi ini dikonfirmasi Customer Service OCBC di Twitter resminya.

Pengelolaan perangkat: Fitur ini sangat berguna ketika nasabah menggunakan aplikasi mobile banking secara cross device. 

Just in case salah satu ponsel hilang, kamu bisa segera force logout atau keluar paksa akun ONe Mobile dari ponsel tersebut.

Penghakiman terakhir

Jika kamu menyukai “sedikit kejutan”, Nyala Digital OCBC NISP merupakan layanan yang pas untukmu. Meskipun “kejutan” yang dimaksud bisa bermakna lain 😎

Subscribe
Notify of
guest
23 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments