📈 Jenius BTPN: Jumlah Nasabah, Simpanan, dan Pengaduan

Jumlah nasabah Jenius, dana simpanan, dan statistik pengaduan nasabah

Pertumbuhan nasabah Jenius terhitung kolosal. Sejak diluncurkan pada 11 Agustus 2016, layanan perbankan digital milik BTPN ini berhasil menggaet tiga juta nasabah. Per tahun, rata-rata ada 600 ribu nasabah baru.

Pada tahun 2019, yang bisa dibilang “tahun keemasan” Jenius, pertumbuhan nasabah mencapai tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan nasabah berbanding lurus dengan peningkatan dana simpanan. BTPN mencatat dana simpanan Jenius melonjak signifikan menjadi Rp 271 miliar di tahun kedua, naik hampir 700% dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, untuk kali pertama Jenius "menyalip" posisi Tabungan Citra Pensiun sebagai penyumbang DPK terbesar dalam jajaran produk tabungan BTPN.

Sepanjang pandemi 2020 total dana simpanan Jenius mampu naik 79%, bahkan setelah Jenius mengumumkan kebijakan Feesible (admin bulanan) yang amat gak populer itu.

Di sisi lain, data juga menunjukkan adanya peningkatan keluhan terkait layanan Jenius. Sejak 2018, pengaduan terkait layanan Jenius selalu meningkat 100% dari tahun sebelumnya dan menyumbang 50% dari total keluhan layanan BTPN.

📝 Catatan: Ini percobaan pertama saya menarasikan data. Ternyata gak semudah yang saya bayangkan. Tapi seru, euy. Kritik dan saran sangat diharapkan. Kalo kalian punya referensi belajar visualisasi data, share di kolom komentar, ya. Atau DM di Twitter.

Subscribe
Notify of
guest
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments