Review Neobank by Bank Neo Commerce: Bunga dan bunga 🌼

Review neobank by bank neo commerce - BNC. Dulunya bernama Neo+, sebelum berganti menjadi Neobank by BNC.

Ibarat lanskap, Neobank by BNC adalah taman bunga. Tawaran mereka gak pernah jauh dari bunga: 2,5% p.a. untuk Neo Account, 6% p.a. untuk Neo NOW, dan 6,5 – 8% p.a. untuk Neo WOW (produk deposito).

Mungkin karena sangat menyukai bunga, fitur lain seperti kartu debit, scan QRIS, atau tarik tunai cardless sementara ini terlupakan.

Meski begitu, bukan berarti bank dengan maskot kucing-hoki-di-meja-konter ini tidak layak untuk kalian. Mungkin saja kamu pecinta bunga, ‘kan? Atau pecinta kucing?

👍 Fitur unggulan: Tabungan dan deposito bersuku bunga tinggi, digital onboarding, Neo Jurnal, dan sub-rekening.
👎 Kelemahan: Tidak ada kartu debit, QRIS, dan tarik tunai.
❤️ Cocok untuk: Mereka yang puas dengan tawaran tabungan dan deposito berbunga tinggi.

Lompat ke bagian: Tabungan 🐈Aplikasi 📱Keamanan 🚨Biaya 💲Pendaftaran 🤳Penghakiman ⚖️

Gunakan link referral ini atau kode referral 1W1000 untuk membuka rekening Neobank by BNC. Dapatkan hadiah tunai Rp18.900, Kupon Experience Rp10,000,000, dan kupon bunga tambahan sebesar 1,8%.

Disclosure: Sebagai pengundang, blog ini akan mendapat komisi Rp25 ribu. Tentu tanpa mengurangi hak kalian atau menambah biaya apapun.

Sekilas Neobank dan Bank Neo Commerce 👋

Bank Neo Commerce (sebelumnya Bank Yudha Bhakti) berdiri pada 1989 dan mulai beroperasi setahun kemudian. Pada 2015, bank menjadi perusahaan terbuka dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode BBYB.

Pada tahun 2019, BBYB kedatangan investor baru yakni Akulaku, perusahaan teknologi finansial yang dibekingi Ant Group. Saat itu Akulaku mengakuisisi 8,95% saham milik Gozco Capital, pemegang saham pengendali BBYB senilai Rp158 miliar.

Per September 2019, Akulaku telah menambah porsi kepemilikan hingga 24,08%. Pada 2020, perusahaan memutuskan berganti nama menjadi Bank Neo Commerce. Pasca akuisisi oleh Akulaku, BBYB akan diarahkan menjadi bank digital.

Pada 8 Oktober 2021, RUPSLB Bank Neo Commerce mengesahkan Akulaku menjadi pemegang saham pengendali setelah menggenggam 24,98% saham perusahaan.

Aplikasi Neobank (dulu Neo+): Pada 26 Maret 2021, Bank Neo Commerce meluncurkan aplikasi mobile bernama Neo+. Ketika itu, aplikasi Neo+ hanya bisa diakses secara terbatas oleh pengguna Akulaku dan 500 pendaftar terpilih. Seminggu kemudian, Neo+ akhirnya bisa diakses oleh khalayak umum.

Awalnya, calon nasabah mesti mendaftar melalui kantor cabang atau bertemu agen. Dirasa kurang praktis, pada Mei 2021 BNC menambah metode verifikasi wefie. Calon nasabah bisa mendaftar menggunakan kode pengundang dan berswafoto dengan pengundang sebagai bukti liveness.

Aplikasi Neo+ segera menjadi favorit nasabah dengan unduhan mencapai 10 juta kali di Play Store hanya dalam enam bulan beroperasi. Meski sukses merengkuh pengguna, nama Neo+ hanya bertahan selama lima bulan. Pada 28 September 2021, aplikasi Neo+ telah berganti nama menjadi Neobank.

Layanan Neobank by BNC 🐈

Neobank by BNC bukan produk perbankan pada umumnya. Mereka bank, namun dalam beberapa hal, layanannya mengingatkan kita pada e-wallet. Misalnya pada metode top up dana.

Di Neobank, nasabah bisa menambahkan dana ke Tabungan Neo dan Neo NOW dengan virtual account bank lain (BCA, CIMB, Permata, BRI, dll) maupun pembayaran melalui gerai Alfamart dan Indomaret. Fitur ini diperkenalkan pada Mei 2021.

Rincian permintaan top up nantinya akan muncul di menu Profil > Order Saya — see, rasanya seperti sedang memesan groceries atau pulsa, alih-alih mengisi saldo bank.

Selain itu, mereka menawarkan simpanan dengan bunga yang amat tinggi dibanding pesaing — suku bunganya bahkan 2 kali lipat lebih tinggi dari tingkat bunga penjaminan LPS periode 30 September – 28 Januari 2022, yang artinya gak dijamin LPS.

Saya tidak mengatakan BNC serta-merta gak aman. Hanya saja nasabah perlu aware bahwa simpanan mereka tidak dijamin LPS sesuai syarat 3T. Perlu diketahui, bank lain seperti SeaBank (7% p.a.) dan LINE Bank (deposito 4,5% p.a.) sama-sama tidak dijamin LPS karena menawarkan suku bunga di atas tingkat bunga penjaminan LPS.

🐈 Tabungan Neo: adalah rekening utama di Neobank. Produk ini menawarkan suku bunga 2,5% p.a. yang dibayar per bulan.

💰 Tabungan Neo NOW: BNC menyebut produk Neo NOW sebagai tabungan fleksibel (“Flexi tarik-simpan”), sebab meski menawarkan bunga setara deposito, nasabah bebas tarik-simpan kapan saja tanpa pinalti.

Fitur unggulan Neo NOW lainnya adalah bunga 6% p.a. yang dibayar per hari (sama seperti SeaBank) dan tanpa minimum setoran awal. Selain itu, sub-rekening Neo NOW juga dilengkapi dengan Nomor Rekening sendiri, sehingga nasabah dapat mengirim dana langsung ke rekening ini.

Keuntungan dari produk ini serupa dengan Flexi Saver Jenius dan City of Tomorrow TMRW.

🔒 Deposito Neo WOW: Neobank membagi simpanan deposito menjadi dua kategori berdasarkan tenor simpanan. Pertama, Neo WOW Instant untuk deposito dengan tenor 7 hari, 1 bulan, dan 3 bulan. Kedua, Neo WOW Extra untuk deposito dengan tenor 6 bulan dan 1 tahun. Lihat bagian Biaya Layanan untuk mengetahui informasi suku bunga.

Sayangnya dana yang disimpan di deposito Neo WOW tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Khusus untuk hal ini, Neobank masih kalah fleksibel dari LINE Bank, TMRW, dan Jenius.

💡 Promo: Khusus untuk nasabah baru, kalian bisa membuka deposito dengan penempatan minimal Rp200 ribu. Selanjutnya, minimal penempatan akan naik menjadi Rp1 juta.

Aplikasi 📱

Neobank terbilang aplikasi bank dengan pertumbuhan pengguna paling pesat di Play Store. Hanya dalam enam bulan aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Per 8 Oktober 2021, ada lebih dari 100 ribu ulasan pengguna yang memberi rating rata-rata 3,8 dari 5 bintang.

Sementara di App Store, aplikasi Neobank by Bank Neo Commerce mendapatkan rating 3,8 dari hampir dua ribu review pengguna.

Per 8 Oktober 2021, Neobank menempati peringkat 1 aplikasi terpopuler dalam kategori Keuangan atau Finance baik di Play Store maupun App Store.

Apa kata pengguna? 💬

Pengguna tampak seiya-sekata mengenai keuntungan yang diperoleh dari Neobank. Mereka menyebut bank ini mampu “menghasilkan uang” dan membuat nasabahnya “cuan” (untung), merujuk pada suku bunga tinggi. Sementara Iqbal M mengatakan, “Bayar ini-itu gratis!”

Dua poin tadi — cuan dari bunga tinggi dan bebas biaya ini-itu (admin bulanan dan transfer) — memang hampir selalu disoroti dalam setiap kampanye Neobank. Itulah selling point mereka.

Aspek lain yang disukai adalah program promosi. Bank milik Akulaku ini menawarkan hard cash dan kupon tambahan bunga sebagai ‘penggoda.’ Seorang user bahkan menulis “bintang 5 buat promonya” meskipun dia sendiri “failed pas verifikasi wajah.”

Penilaian mengenai proses pembukaan rekening cukup beragam. Sebagian menilai “cepat dan mudah.” Sebagian lain mengeluhkan buruknya kinerja fitur face recognition pada tahap terakhir e-KYC (know your customer).

Kinerja face recognition Neobank mungkin teramat buruk sampai hampir semua rating 1 bintang terkait dengan kendala verifikasi wajah. Sebagian pengguna mengaku tiba-tiba diminta melakukan pengenalan wajah saat login.

Menurut pengguna, aplikasi kerap gagal melakukan verifikasi wajah dengan alasan koneksi bermasalah atau wajah tidak dikenali. “Padahal pakai wajah asli gue,” tulis Candra di Play Store.

Di luar masalah verifikasi wajah, ada keluhan terkait tidak adanya “pilihan untuk opt-out notification” dan harapan akan peningkatan “keamanan account” dengan penambahan fitur “notifikasi by email dan juga log in menggunakan biometric.”

Secara garis besar, nasabah mengharapkan adanya opsi-opsi pengaturan yang memberi ruang personalisasi akun pengguna dan penambahan fitur-fitur seperti QRIS, tarik tunai, kartu debit, dsb.

Fun fact: Sebelum menggunakan face recognition untuk memverifikasi liveness calon nasabah, BNC menggunakan metode foto wefie. Calon nasabah bakal diminta berfoto bersama pengundang (referrer) saat proses e-KYC.

Kelebihan ✔️

📷 Digital onboarding: Pada September 2021, BNC memperoleh izin dari OJK untuk menerapkan fitur Digital Customer Onboarding. Fitur ini memungkinkan nasabah membuka rekening secara full online lewat aplikasi Neobank.

Pengecekan liveness calon nasabah dilakukan menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) tanpa perlu melakukan video call bersama agen. Dengan begitu, proses e-KYC dapat berlangsung lebih cepat.

Dampaknya positif bagi Neobank. Setelah fitur face recognition rilis, BNC mencatat jumlah nasabah baru pada periode 3-10 September 2021 bertambah sebesar 730.000 nasabah, meningkat 100% dibanding pekan sebelumnya.

Meskipun, seperti dikeluhkan banyak pengguna, fitur face recognition Neobank masih kerap gagal mendeteksi wajah nasabah dan calon nasabah.

🔖 Neo Jurnal: adalah fitur pencatatan pemasukan dan pengeluaran. ‘Buku Catatan’ elektronik ini memungkinkan nasabah melacak pemasukan atau pengeluaran terbesar dalam bentuk grafik. Enaknya lagi, nasabah bisa membuat lebih dari satu ‘Buku.’ Begini penjelasan di FAQ-nya:

“Selain 1 buku catatan yang secara otomatis dibuat saat kamu registrasi, kamu dapat membuat beberapa buku-buku catatan lainnya dan menamakan sesuai keinginan kamu ataupun peruntukannnya nanti, seperti ‘Buku Counter HP’ atau ‘Buku Liburan.’”

Kekurangan ❌

💄 Tampilan aplikasi: Jelas bukan yang ‘tercantik.’ Menu-menu berjejal di laman utama, saling minta perhatian — penempatannya bahkan seolah tanpa pertimbangan fungsional yang jelas. Menu Ajak Teman dan Neo Promo nyempil di antara menu-menu pengelolaan rekening dan menu transaksi.

Masih di halaman yang sama, floating icon Neo Fortune di sebelah kanan layar terasa seperti lalat: amat mengganggu! Membetot mata. Yang gak kalah aneh, saat membuka menu Tabungan saya justru disambut informasi dan tawaran produk Deposito. What a mess.

💳 Kartu debit: Sama seperti Blu dan SeaBank, Neobank by BNC tidak menawarkan kartu debit baik fisik maupun virtual. Nasabah bakal kesulitan bertransaksi di merchant.

🔢 QRIS: Neobank belum mendukung pembayaran dengan QRIS. Tanpa QRIS dan kartu debit, nasabah praktis gak melakukan transaksi onsite (di merchant fisik).

Benar bahwa Neobank beroperasi secara serba online. Namun nasabah kan gak hidup 24/7 online. Mereka juga punya keperluan transaksi offline. Setidaknya akomodasi satu metode pembayaran.

🏧 Sulit tarik tunai: Neobank gak punya fitur kartu debit maupun tarik tunai cardless, jadi untuk urusan penarikan uang tunai jangan berharap banyak. Persiapkan rekening bank lain atau manfaatkan fitur tarik tunai e-wallet DANA.

📆 PPOB: Neobank sama sekali tidak menawarkan kanal pembayaran tagihan (listrik, air, dsb) ataupun isi ulang (pulsa, e-wallet, dsb). Meski sebetulnya fitur ini gak penting amat, sih. I mean, kalau nasabah diberi QRIS atau kartu debit, mereka bisa bayar tagihan di tempat lain (misal, Tokopedia atau Bukalapak) dengan lebih mudah.

Keamanan 🚨

Legalitas: Bank Neo Commerce merupakan bank yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BNC juga sudah menjadi peserta program penjaminan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) dengan nomor kepesertaan 10300053.

Keamanan login dan transaksi: Selain otorisasi dengan OTP via SMS untuk login pertama, aplikasi Neobank juga mendukung metode login dengan sidik jari dan Pola. Sementara untuk transfer dana, nasabah diwajibkan menginput enam digit PIN untuk mengotorisasi transaksi.

Notifikasi instan: Nasabah bakal memperoleh pemberitahuan transaksi melalui push notification. Notifikasi bakal dikirim secara real-time sehingga nasabah bisa memonitor transaksi pada akunnya setiap saat. Sayangnya, Neobank tidak menyediakan opsi pengaturan notifikasi layaknya Bank Jago atau Jenius.

Biaya Layanan 💲

👓 Transparansi: Sayangnya, meski bunga dan biaya layanan ringan menjadi selling point dari BNC, halaman informasi biaya dan limit di website mereka justru gak cukup terang menjelaskan hal tersebut.

Informasi tertentu, seperti suku bunga Tabungan Neo, Neo NOW, dan Neo WOW, tidak ada di sana. Situs mereka juga tidak menampilkan ketentuan limit transaksi.

Mestinya informasi sepenting ini ditayangkan secara lengkap dalam satu halaman khusus di situs resmi sehingga mudah diakses publik. Bagi saya, ini nilai minus.

Biaya pengelolaan rekening: Nasabah bisa menggunakan layanan Tabungan Neo tanpa perlu memikirkan biaya admin bulanan, saldo mengendap, maupun penalti dormant. Seluruhnya gratis.

Yang bakal membuat calon nasabah gak kalah gembira adalah tidak ada minimum setoran awal ataupun saldo mengendap. 

💸 Biaya transfer dan virtual account: BNC menggratiskan biaya transfer ke bank lain tanpa batas kuota. Menariknya, ketentuan bebas biaya juga berlaku untuk transaksi dengan virtual account (VA), termasuk pembayaran VA dari bank lain (Mandiri, BRI, BNI, Permata, dan CIMB).

🌼 Suku bunga: Nasabah akan mendapat bunga 1,5% p.a. untuk dana yang tersimpan di rekening utama Tabungan Neo dan 6% p.a. untuk sub-rekening Neo NOW.

Sementara untuk suku bunga deposito Neo WOW, Bank Neo Commerce membaginya menjadi dua kategori berdasarkan tenor: WOW Instant (tenor pendek 7 hari – 3 bulan) dan WOW Extra (tenor panjang 6 dan 12 bulan).

TenorSuku bunga (p.a.)
7 hari6,5%
1 bulan7%
3 bulan7,5%
6 bulan7,75%
12 bulan8%
Suku bunga deposito Neobank (Neo WOW Instant dan WOW Extra).

Pembukaan rekening 🤳

Kamu perlu memastikan dua hal sebelum mendaftar. Pertama, punya e-KTP. Kedua, Warga Negara Indonesia. Setelah itu unduh aplikasi Neobank di Play Store atau App Store.

Ada dua tahap pendaftaran Neobank by BNC. Pertama, install dan registrasi akun di aplikasi Neobank. Setelah membuat akun, kamu bisa menikmati fitur Neo Jurnal.

Kedua, registrasi sebagai nasabah Bank Neo Commerce. Ini jika kamu ingin menikmati layanan perbankan BNC melalui aplikasi Neobank.

Gunakan link referral ini atau kode referral 1W1000 untuk membuka rekening Neobank by BNC. Dapatkan hadiah tunai Rp18.900, Kupon Experience Rp10,000,000, dan kupon bunga tambahan sebesar 1,8%.

Disclosure: Sebagai pengundang, blog ini akan mendapat komisi Rp25 ribu. Tentu tanpa mengurangi hak kalian atau menambah biaya apapun.

Pengalaman pembukaan rekening: Ini salah satu yang paling cepat. Pembukaan rekening tuntas dalam 25 menit (termasuk waktu tunggu persetujuan). Penggunaan teknologi face recognition merupakan peningkatan yang pesat untuk proses e-KYC Neobank, setidaknya dalam hal kecepatan. Entah dalam hal akurasi.

Dulu, saya urung membuka rekening Neobank karena ketidakkonsistenan ketentuan pembukaan rekening. Sebelum mendapat izin Digital Customer Onboarding dari OJK, BNC mengandalkan verifikasi wefie dengan pengundang (referrer).

Ketentuan wefie kerap disalahgunakan calon nasabah. Banyak dari mereka mendaftar menggunakan kode pengundang seseorang, namun melakukan wefie dengan orang lain. Dan lucunya, mereka lolos verifikasi!

Ini yang agaknya meninggalkan kesan jelek di pikiran saya tentang Neobank.

Penghakiman ⚖️

Apa yang bikin Neobank by BNC diunduh sedemikian banyak orang (lebih dari 10 juta kali di Play Store)? Pendeknya: bunga, aspek unggulan yang berhasil menutupi sekian banyak kekurangannya.

Secara keseluruhan, Neobank berhak menerima lima bunga 🌼🌼🌼🌼🌼 atas kebijakan suku bunganya, namun tiga bintang ⭐⭐⭐ akibat minimnya fitur.

Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments