Review SOL Shinhan: Aplikasi Bank yang Unyu Tapi Powerful

SOL Shinhan Bank Indonesia

Mau tahu gimana kalau aplikasi bank yang “serius” ketemu konsep antarmuka yang imut? Tengok SOL Shinhan. Aplikasi mobile banking milik Bank Shinhan Indonesia ini menggabungkan tiga konsep: simple, fast, dan cute. 

Gampang membayangkan aplikasi bank yang simpel dan cepat. Tapi imut? Jelas itu bukan gagasan yang wajar. Namun percayalah, karakter-karakter kartun di aplikasi mereka bakal memberi nuansa santai. Konsep “cute” mengesankan aktivitas keuangan nggak mesti bikin jidat mengkerut.

Bukan hanya keimutan yang mereka tawarkan, tapi juga kemudahan. Belum lama ini Shinhan mengenalkan fitur pembukaan rekening online. Kini kamu bisa membuka rekening Tabungan SOL langsung dari handphone. 

Aplikasi SOL Shinhan sebetulnya sudah meluncur sejak 2018. Meski cukup lama beredar, penggunanya bisa dibilang sedikit. Per 28 Desember 2020, SOL Shinhan baru diunduh 10 ribuan kali di Google Play, dengan 528 reviewer memberi rating 4,0.

Saya sendiri baru mengetahui bank ini tahun 2019. Saat itu saya urung mencoba lantaran mereka belum mendukung pembukaan rekening online.

Bank Shinhan Indonesia

Berdiri di Jakarta tahun 1967 dengan nama PT Central Sumatra Djawa Bank, sepuluh tahun berselang, bank ini berganti nama menjadi Bank Metro Express.

Pada November 2015, Bank Shinhan asal Korea Selatan membeli 50% saham Bank Metro Express dan mengubah namanya menjadi Bank Shinhan Indonesia.

Bulan Desember 2016, Bank Shinhan Indonesia mencaplok 100% saham Bank CNB (Centratama Nasional Bank) dan merampungkan proses M&A (merger and acquisition) di bulan yang sama.

Bank Shinhan sendiri merupakan salah satu bank terbesar di Korea Selatan (nomor tiga dari segi aset) yang digelari bank modern pertama di Korea.

Pada 2018, demi merengkuh nasabah dari kalangan muda dan mengubah image menjadi lebih young and hip, Bank Shinhan memilih boyband Wanna One sebagai ambassador.

Bank Shinhan juga sempat menerbitkan kartu debit seri Wanna One. Dalam beberapa bulan, kartu debit itu dipesan lebih dari 100 ribu nasabah yang mayoritas berumur 25 – 30 tahun.

Masih di tahun yang sama, Bank Shinhan memperkenalkan aplikasi SOL. Nama SOL merupakan kependekan dari Speedy Optimized Leading dan mencerminkan makna SOLution bagi kebutuhan finansial nasabah.

Rekening Tabungan SOL Shinhan

Kartu debit SOL Bank Shinhan Indonesia

Pembukaan rekening online di aplikasi SOL Shinhan terbatas pada jenis rekening Tabungan SOL. Proses pendaftaran Tabungan SOL terhitung mudah dan cepat. Seluruhnya dilakukan online.

Verifikasi video call makan waktu lima menitan dan notifikasi persetujuan pembukaan rekening tidak lebih dari sepuluh menit (meski sebetulnya pihak bank mengestimasi hingga 24 jam).

Yang perlu kamu siapkan adalah e-KTP, NPWP (jika ada), dan e-KTP Penanggung Jawab (jika kamu masih berstatus pelajar). Pembukaan rekening hanya bisa dilakukan mulai dari 08:00 – 16.00 WIB. Sementara verifikasi video call mulai dari 08:00 – 17:00 WIB.

Sayangnya, data pembukaan rekening tersimpan dalam waktu terbatas. Seluruh data akan dihapus pada akhir hari kerja demi keamanan data. Karenanya kamu harus menyelesaikan seluruh proses pembukaan rekening online pada hari yang sama.

Setelah pembukaan rekening berhasil, nasabah dapat menerbitkan kartu debit berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Ada empat desain kartu yang bisa kamu pilih.

Bagi kamu yang tinggal di daerah Jabodetabek dan Surabaya, kartu debit akan dikirim langsung ke tempat tinggal. Di luar wilayah itu, nasabah dapat mengambil kartu debit ke kantor cabang terdekat.

Biaya Tabungan SOL

Layaknya rekening digital macam TMRW dan Digibank, Tabungan SOL menawarkan tabungan personal tanpa saldo minimum, bebas biaya administrasi bulanan, tanpa saldo mengendap, dan bunga tabungan tinggi (2,5% p.a.). Untuk pembukaan deposito via SOL nasabah akan memperoleh bunga 5% p.a (per 28 Desember 2020).

Yang nggak kalah menarik adalah Bank Shinhan Indonesia juga menggratiskan biaya transaksi di aplikasi SOL sebanyak 30 kali dan 5 kali di jaringan Prima & ATM Bersama (tarik tunai, cek saldo, dan transfer) setiap bulan.

Sayangnya, mulai 1 Februari 2021 akan berlaku tiering berdasarkan saldo rata-rata bulan sebelumnya untuk menikmati gratis biaya transaksi (kecuali remitansi).

Saldo rata-rata bulan sebelumnya (Rp)Gratis Biaya Transaksi di SOLGratis Biaya Transaksi di ATM
< 5.000.00010x3x
5.000.000 – 10.000.00020x10x
≥ 10.000.00030x20x
Jatah gratis biaya transaksi per 1 Februari 2021.

Aplikasi SOL Shinhan

Salah satu hal yang bikin saya sumringah pada SOL adalah tampilan aplikasinya yang unyu. Melihat karakter-karakter binatang berwarna putih dan ungu, jiwa kartun Indosiar era 2000-an saya langsung bergejolak.

Terlebih kamu bisa mengkostumisasi daftar menu di halaman utama aplikasi. Kamu bisa menghapus dan menambah menu sesuka hati. Perlu shortcut transaksi penting (misal, transfer ke rekening orang tua)? SOL menyediakan fitur Quick Transaction.

Meski menghadirkan tampilan antarmuka yang menarik, sayangnya fitur-fitur SOL termasuk standar — terutama ketika dikomparasi dengan rekening digital sejenis macam Jenius atau Nyala Digital OCBC.

Kamu nggak akan menemukan fitur berguna seperti kartu debit digital, wealth management, sub-rekening, simpanan valuta asing, request uang, maupun split bill.

Namun, kita patut mengapresiasi perhatian Shinhan pada detil-detil renik pengalaman pengguna. Misalnya kemampuan transfer otomatis dan fitur menyalin nomor rekening ke clipboard. Yang terakhir saya sebut sangat berguna ketika kita harus mengirim nomor rekening tanpa perlu ribet mengetik manual.

Keamanan

Selain menerapkan fitur login dengan User ID dan kata sandi, SOL juga menawarkan opsi login identifikasi pola, sidik jari, dan PIN empat digit. Dengan mengatur metode login cepat, kamu tidak perlu menginput kata sandi dan User ID tiap kali login.

Sebagai tambahan lapis keamanan, SOL dilengkapi fitur Virtual Keypad. SOL akan menggantikan keypad bawaan sistem operasi HP dengan keypad custom yang memberi jarak tertentu antarkarakter. Kamu juga bisa mengatur keypad untuk menampilkan tanda • (dot) setiap memasukkan password.

Untuk pengelolaan kartu debit, SOL terhitung terbatas. SOL nggak punya fitur penonaktifan sementara. Kamu hanya bisa melakukan pemblokiran yang sifatnya permanen. Artinya, tiap kali blokir kamu mesti bikin kartu debit baru.

Apabila kamu mengganti HP dan menginstal ulang SOL, fitur Freeze Period akan otomatis aktif. Fitur keamanan ini akan memblokir seluruh transfer keluar selama 24 jam (kecuali transfer ke rekening yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai favorite). Andai akunmu dicuri orang, fitur ini dapat mencegah pemindahan dana dan memberimu waktu untuk melapor ke pihak Shinhan.

Sesuai regulasi di Indonesia, Bank Shinhan Indonesia juga telah menjadi anggota LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Itu artinya, saldo tabungan setiap nasabah dijamin hingga Rp 2 miliar, andai-andai terjadi pencurian dana atau bank mengalami kebangkrutan.

Cara mendaftar Tabungan SOL Shinhan

Setelah mengetuk tombol “Buka Sekarang” di halaman muka aplikasi SOL Shinhan, kamu akan disambut daftar 8 tahap proses pendaftaran.

  1. Validasi Perangkat. Kamu akan diminta menginput alamat email, nomor HP, kode promo (jika ada), dan memasukkan OTP yang dikirim via SMS.
  2. Upload e-KTP
  3. Unggah NPWP (jika ada)
  4. Upload Tanda Tangan. Kamu bisa memilih tanda tangan digital atau memotret tanda tangan di kertas. Karena saya gak suka repot, saya memilih tanda tangan digital.
  5. Validasi Kartu ID. Pada tahap ini aplikasi akan memuat NIK yang tertera di e-KTP secara otomatis. Jika NIK/NPWP tidak sesuai, kamu bisa memperbaikinya dengan menginput ulang di kolom yang tersedia.
  6. Info Lainnya. Pada tahap ini kamu akan mengisi informasi mengenai tujuan pembukaan rekening, sumber dana, pekerjaan, dll. Informasi dasar yang diperlukan untuk keperluan pembukaan rekening.
  7. Panggilan Video. Tips: siapkan e-KTP, inget cuci muka, dan sebaiknya pakai earphone. Kamu akan mendapat nomor antrian. Sibuk? Tenang saja. Shinhan menampilkan perkiraan waktu tunggu sehingga kamu bisa memperkirakan kapan video call akan dimulai. Kamu akan diminta menunjukkan e-KTP dan menyebutkan nama ibu kandung.
  8. Pengguna online. Jika pengajuan pembukaan rekening Shinhan disetujui, kamu akan diminta membuat ID Banking (semacam user ID). Shinhan akan mengirim password sementara ke email yang kamu daftarkan pada tahap pertama. Setelah berhasil log in, kamu akan diminta menyetel M-OTP dan menyetel ulang password.

Bagi saya, ini proses pembukaan rekening bank paling mulus dan menyenangkan. Seluruh instruksi rapi dan jelas.

Epilog: Satu jempol dulu deh

Yang paling menarik tentu saja tampilannya yang unyu. Dengan kombinasi gratis biaya transaksi, fitur-fitur transfer, top up GoPay/OVO, PPOB, dan penarikan tunai; apa yang ditawarkan SOL sangat layak dipertimbangkan.

Fitur keamanan Virtual Keypad, Freeze Period, dan beragam opsi login akan membuat akun SOL lebih aman tanpa melupakan kemudahan penggunaan.

Seluruh keunggulan tersebut saya pikir cukup untuk menutupi kekurangan dalam hal ragam fitur. Tentu, jika suatu hari SOL menghadirkan fitur debit digital, sub-rekening, split bill, dan wealth management saya akan mengacungkan satu jempol lagi untuk Bank Shinhan Indonesia.

Untuk sekarang, saya sudah cukup puas dengan SOL Shinhan. Satu jempol.

Artikel pertama terbit pada 29 Desember 2020 dan terakhir diperbarui pada 13 Juli 2021.

Subscribe
Notify of
guest
51 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments