Ujung-ujungnya BCA juga. Tahapan Xpresi BCA, yay or nay?

bikin rekening bca online
Gambar diambil dari @XpresiBCA.

Yap, akhirnya saya buka rekening BCA secara online. Jujur, ini seperti menelan ludah sendiri. Dalam ulasan tentang bank digital di Indonesia, saya menolak bank konvensional.

Bagi saya, bank konvensional itu sinonim dengan biaya admin ini-itu dan hidden fee. Salah satu yang paling ngeri pastinya biaya admin bulanan yang besarannya gak masuk akal itu.

Sebagai gambaran awal mengenai hitung-hitungan administrasi bank tersebut, kamu bisa menengok utas Poltak Hotradero di Twitter pada 2018 lalu dan artikel Tirto mengenai mengapa menabung di bank justru bikin rugi.

Meski demikian jelas hitungannya, saya terpaksa kembali ke bank konvensional. Kinerja aplikasi bank digital yang memburuk menggeser posisi saya. Bila kamu pengguna Jenius, kamu pasti merasakan bagaimana aplikasinya kerap mengalami gangguan dan cenderung lemot belakangan ini. Untuk masuk ke menu utama saja kita perlu menunggu beberapa menit. Kadang malah gak bisa log in sama sekali.

Saat genting dan krodit, kendala seperti itu jelas bikin pusing, kesal, dan bahkan frustrasi.

Tidak bisa tidak, saya memerlukan setidaknya satu rekening bank konvensional yang punya layanan mobile banking dan internet banking andal. Pilihan saya jatuh pada BCA (Bank Central Asia), salah satu raksasa perbankan di Indonesia.

Kenapa buka rekening Tahapan Xpresi BCA secara online?

Ada beberapa alasan. Pertama, pertimbangan saya tentu berkaitan dengan pandemi COVID-19. Sebisa mungkin saya mengindari keramaian, termasuk mengunjungi kantor cabang bank.

Kedua, Tahapan Xpresi BCA menawarkan biaya administrasi paling murah ketimbang produk-produk tabungan BCA lainnya. Biaya admin bulanan Xpresi ‘hanya’ Rp 7.500, hampir 50% lebih murah dari rekening Tahapan BCA yang berbiaya admin bulanan Rp 15-20 ribu tergantung jenis kartu debit.

Meski tetap saja Rp 7.500 itu termasuk ‘mahal’ ketimbang rekening digital seperti Jenius, TMRW, PermataME, dan D-Save Danamon. Apalagi bunga tabungan Xpresi BCA kecilnya minta ampun.

Ketiga, saya menyukai simplisitas mobile banking BCA. Pendekatannya mirip aplikasi D-Bank Danamon. Tampilannya amat basic dan bahkan, mengutip komentar seorang pengguna Quora, sedikit “kuno” dan “norak.” Namun, ada hal yang kerap absen dari komentar demikian: kecepatan dan stabilitas sebagai ganjaran dari minimnya riasan tampilan.

Baca juga: Saweria.co: Layanan yang Memungkinkan Creator Mendapat “Saweran” dari Fans

Tapi kenapa gak rekening bank BUMN seperti BRI, Bank Mandiri, atau BNI?

Saya memilih BCA yang notabene bank swasta karena trauma dengan layanan bank-bank BUMN. Sebelumnya saya sudah pernah punya rekening Mandiri dan BRI. Rekening Bank Mandiri saya biarkan tewas karena gak tahan dengan aplikasinya yang lemot, terutama saat log in.

Sementara BRI, setelah rekening sebelumnya juga tewas, saya mencoba membuka satu rekening lagi secara online tanggal 2 September lalu. Jujur, BRI adalah pilihan awal saya sebelum BCA. Tapi, percaya atau tidak, hingga hari ini, 20 September, 18 hari kemudian, rekening itu belum rampung.

Saya membuka rekening BritamaX secara online lewat pranala bukarekening.bri.co.id. Rekening sudah terbentuk, namun saya tidak menerima email konfirmasi pembukaan rekening yang berisi username internet banking dan nomor rekening BRI.

Saya sudah komplain ke CS. Sayangnya hingga hari ini belum ada kelanjutan. Nanti kalau sudah kelar, saya akan buat tulisan khusus soal si BRI ini.

Sementara BNI gak saya coba. Keburu keinget ‘kenangan’ buruk bersama bank-bank BUMN. Jadi, singkatnya, saya merasa lebih nyaman dan aman dengan BCA yang swasta itu.

Syarat pembukaan rekening Tahapan Xpresi BCA

Tidak ada batasan umur calon nasabah Tahapan Xpresi BCA. Tapi BCA menetapkan tigas tiga kategori calon nasabah.

Kelompok umurPersyaratan Dokumen Pembukaan Rekening
Perorangan Dewasa
(>17 tahun)
– Identitas Diri Asli (KTP/Paspor)
– NPWP (jika ada).
Perorangan Belum Dewasa yang Tidak Diwakili
(12 – 17 tahun)
– Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah Asli.
– Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor)
– NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
– Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening.
– Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua)
Perorangan Belum Dewasa yang Diwakili
(<12 tahun)
– Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor) Asli
– Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga/Kartu Identitas Anak
– NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
Sumber: bca.co.id

Tapi karena kita akan buka rekening BCA secara online, kelompok umur yang tercakup hanya yang masuk kategori dewasa atau 17 tahun lebih. Kelompok Belum Dewasa hanya bisa membuka rekening melalui kantor cabang BCA.

Calon nasabah hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening dan kelengkapan dokumen. Kalau kalian memutuskan membuka rekening secara online (online onboarding), kalian hanya perlu mengisi data-data melalui form digital di aplikasi BCA Mobile.

Proses verifikasi identitas nasabah atau know your customer (KYC) akan dilakukan melalui video call. Kalian bisa melakukannya via aplikasi BCA Mobile.

Setoran awal minimal Rp 50.000, setoran minimum selanjutnya Rp 50.000. Uang akan mengendap sebesar Rp 10.000 (tidak dapat ditarik). Biaya admin bulanan Rp 7.500. Untuk pembuatan kartu debit fisik, nasabah akan dibebankan biaya Rp 25.000.

Jenis rekening Tahapan Xpresi BCA diperuntukkan bagi nasabah perorangan dan tidak dapat digunakan sebagai join account.

Baca juga:
1. Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan GoPay
2. [Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay

Cara buka rekening BCA online di aplikasi BCA Mobile

Semua persyaratan sudah lengkap? OK, install terlebih dulu aplikasi BCA Mobile (download di Google Play atau App Store). Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka rekening BCA secara online.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.

    Ketuk tombol Buka Rekening Baru.Buka rekening BCA online

  2. Pada halaman Registrasi, pilih jawaban “Tidak” lalu klik Lanjutkan.

    Pada halaman ini juga ada pilihan “Dapatkan Kode Promosi.” Kalian bisa mengecek promosi yang sedang berlaku melalui menu tersebut.Buka rekening BCA online

  3. Jika kamu mengklik menu “Dapatkan Kode Promosi,” kamu akan dibawa ke halaman berikut.

    Kamu hanya bisa memilih satu jenis promosi saat mendaftar. Ketuk “Gunakan” untuk menerapkan salah satu jenis promosi. Kamu akan dibawa kembali ke halaman “Registrasi.” Jika promosi sudah diterapkan, ketuk “Lanjut.”

  4. Pilih jenis tabungan atau rekening yang kamu inginkan, lalu ketuk Lanjut.

    Saya sendiri memilih jenis tabungan Tahapan Xpresi BCA dengan beberapa pertimbangan seperti saya tulis di atas.

  5. Lakukan verifikasi nomor handphone dengan klik Kirim.

    Pastikan nomormu isi pulsa, ya. Soalnya proses ini bakal dikenakan biaya SMS.

  6. Buat dan Ulangi Kode Akses.

    Kode akses ini berguna saat kamu mau masuk kembali proses Buka Rekening Baru dan log in BCA Mobile. Tiap tahapan proses pendaftaran setelah pembuatan Kode Akses akan disimpan sistem BCA. Jadi, kalo kamu ada keperluan mendadak, kamu bisa menutup aplikasi BCA Mobile dan melanjutkannya nanti dengan masuk ke menu Buka Rekening Baru dan memasukkan Kode Akses. Buka rekening BCA online

  7. Lengkapi dokumen yang diperlukan untuk pembukaan rekening.

    Ketuk simbol kamera untuk menambahkan masing-masing dokumen. Foto harus tampak jelas. Pastikan kamu menggunakan e-KTP asli, bukan versi scan atau fotocopy. Untuk NPWP, itu gak wajib ya. Jika seluruh dokumen sudah lengkap, ketuk Lanjut.Buka rekening BCA online

  8. Isi data diri kamu.

    Pilih tujuan pembukaan rekening; lengkapi informasi pribadi seperti nama ibu kandung, status perkawinan, agama, dll; dan isi informasi pekerjaan kamu. Klik Lanjut untuk melanjutkan setiap tahapan.

  9. Pilih jenis kartu debit dan tambahkan email.

    Sayangnya pembukaan rekening Xpresi secara online hanya menyediakan satu jenis kartu pilihan, yakni debit Xpresi GPN. Untuk mengganti jenis debit menjadi Mastercard, kamu harus mendatangi kantor cabang BCA.

  10. Pilih cabang BCA tempat rekening kamu akan didaftarkan.

    Pilih kantor cabang yang terdekat dari lokasi tinggal kamu.

  11. Cek kembali data-data yang kamu input.

    Jika seluruhnya sudah benar, ketuk Lanjut.

  12. Lakukan video call dengan CS BCA untuk verifikasi data-datamu.

    Proses verifikasi berlangsung gak lebih dari 7 menit. Yang agak lama, dalam pengalaman saya, adalah menunggu antrean video call. Siapkan e-KTP saat verifikasi karena kamu akan diminta menunjukkannya ketika video call berlangsung.Buka rekening BCA online

  13. Setelah video call tuntas, segera aktivasi mobile dan internet banking BCA.

    Ketuk Aktivasi Mobile Banking. Kamu akan diarahkan pada layar pengaturan PIN BCA.

  14. Buat dan Ulangi PIN untuk mengaktivasi mobile dan internet banking BCA.

    Masukkan 6 digit angka sebagai PIN. Gunakan kombinasi yang unik. Jangan beritahukan PIN-mu pada siapapun.

  15. Selamat mobile dan internet banking sudah aktif.

    Simpan atau catat User ID internet banking kamu. Ini akan berguna saat kamu hendak masuk ke IB KlikBCA. Bila sudah, ketuk tanda silang di pojok kanan atas layar.

  16. Selamat, rekening Tahapan Xpresi BCA-mu sudah aktif.

    Segera isi saldo untuk dapat melakukan transaksi. Kamu dapat melakukan setoran awal dengan transfer ke rekening BCA-mu, setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, atau setoran langsung ke kantor cabang.Buka rekening BCA online

Baca juga: Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Buka rekening Tahapan Xpresi BCA online: Yay or nay?

Proses pembukaan rekening Tahapan Xpresi online sangat mudah dan cepat. Tidak ada kesulitan selama pendaftaran. Hanya waktu tunggu video call yang termasuk agak lama. Dalam kasus saya, perlu waktu sekitar 30 menit menunggu hingga video call diangkat.

Saya gak punya komplain apapun selain soal biaya administrasi. Belum lama ini biaya administrasi Xpresi BCA naik menjadi Rp 7.500. Jenis rekening ‘anak muda’ bank-bank pesaing seperti BNI dan BRI masih berkisar Rp 5.000.

Saya belum lama menggunakan Xpresi BCA. Tapi saya menangkap kesan yang baik dari aplikasi mobile banking mereka. Terlepas dari tampilannya yang seolah datang dari zaman Majapahit itu, aplikasi mobile mereka terhitung stabil.

Di tempat lain, saya melihat beberapa orang komplain soal lampu indikator BCA Mobile. Memang, aplikasi hanya bisa digunakan bila indikator berwarna hijau, yang artinya doi mendeteksi cukup sinyal internet. Bagi orang-orang tadi, indikator ini “mengganggu.” Katanya, “Harus tunggu indikator hijau dulu baru bisa dipakai. Jelek.”

Meski memang norak, indikator itu justru tidak PHP pada nasabah. Aplikasi lain yang tidak menampilkan indikator hanya akan menunjukkan simbol loading atau bahkan gagal proses ketika internet lambat. Sementara BCA langsung berkata, “Koneksi internet-mu jelek makanya indikator warna merah.”

Barangkali ada beberapa hal yang memang perlu diperbaiki oleh BCA, seperti alur transfer uang. Di BCA Mobile, pengguna yang akan melakukan transaksi transfer uang mesti “mendaftarkan” rekening penerima terlebih dulu. Transfer tidak bisa dilakukan langsung. Ini lumayan mengganggu sebenarnya.

Tapi, secara keseluruhan, pembukaan rekening BCA secara online, khususnya Tahapan Xpresi, sangat layak dicoba.

I give it a yay.

Artikel terbit pertama kali pada 20 September 2020 dan telah mengalami perubahan untuk menambah beberapa informasi yang relevan.

Subscribe
Notify of
guest
21 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments