Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

transfer DANA ke ShopeePay

Dua hari lalu ketika memesan powerbank di Shopee, untuk pertama kali saya menggunakan ShopeePay. Awalnya, saya mau belanja di Bukalapak. Namun karena cashback dan gratis ongkir di Shopee lebih menggoda, dan saya memang punya kesetiaan yang minimal, saya memilih loncat ke sana.

Sialnya, saya sudah lebih dulu isi saldo DANA untuk bayar di Bukalapak.

Nah, bisa kalian tebak, saat itu saya seketika berpikir memindahkan saldo DANA ke ShopeePay. Akhirnya saya utak-atik aplikasi Shopee dan DANA. Gak lama, saya temukan cara mentransfer saldo DANA ke ShopeePay.

Meski banyak untungnya, jujur saja saya gak begitu tertarik dengan dompet digital ini. ShopeePay ini terlalu kuper! (Update: Sekarang doi sudah gak kuper lagi. ShopeePay sudah bisa digunakan di Indomaret, Alfamart, dan beragam merchant offline).

Dulu, saya lebih memilih metode pembayaran virtual account di Shopee. Namun sejak metode VA kena biaya penanganan sebesar Rp1.000, dan demi memperoleh Yang-Maha-Gratis-Ongkir, saya terpaksa menggunakan ShopeePay juga.

Begitu ceritanya dan begini cara transfer yang saya maksud.

Perhatikan hal ini sebelum transfer

💡 Update: Artikel ini diperbarui untuk merespons dua hal. Pertama, adanya perubahan mekanisme transfer DANA ke dompet digital lain. Sekarang, untuk jenis transaksi ini DANA akan mengalihkan pengguna ke layar Saldo Digital yang membebankan biaya Rp999. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa lagi transfer ke dompet digital lain secara gratis (termasuk ke ShopeePay).

Kedua, adanya ketentuan biaya admin top up ShopeePay sebesar Rp500 yang dipotong langsung dari saldo. Untungnya, masih ada tiga virtual account bank yang tidak terkena pemotongan biaya ini, yaitu VA SeaBank, BNI, dan Bank Permata. Kelonggaran ketentuan inilah yang bisa kita manfaatkan.

Dengan memanfaatkan VA Bank Permata ShopeePay dan bantuan layanan transfer Neu, kalian masih bisa menikmati transfer gratis saldo DANA ke ShopeePay. Neu akan kita gunakan sebagai perantara transfer.

Flip gak saya rekomendasikan karena hanya mendukung top up via BRI yang dikenakan biaya admin Rp500 oleh Shopee. Sementara OY mewajibkan pengguna memiliki rekening bank untuk di-link dengan akun OY. Tidak praktis.

Sebelum melakukan pengiriman uang dengan aplikasi DANA, perhatikan beberapa hal. Pastikan Akun DANA sudah berstatus Premium dan aplikasi yang terpasang adalah versi terbaru. Transfer minimal Rp50.000 agar bebas biaya admin di DANA.

Ada dua mekanisme transfer yang bisa kalian pilih: Transfer langsung atau Transfer via Neu. Ada kekurangan dan kelebihan dari kedua opsi ini.

Transfer langsung

Lebih cepat dan praktis. Gunakan nomor VA Bank Permata 706 + Nomor HP ShopeePay untuk menghindari potongan biaya admin oleh Shopee.

Satu-satunya kekurangan dari cara ini adalah kalian perlu membayar biaya admin Rp999 yang dikenakan oleh pihak DANA.

Transfer via Neu

Tahapan lebih panjang karena melibatkan Neu dengan estimasi waktu transfer 7 menit. Meski begitu, kalian bisa menikmati transfer saldo DANA tanpa biaya admin.

Alur transfer menjadi seperti ini: Dari DANA ke Neu, lalu ke ShopeePay.

Kalian bisa membaca review saya atas layanan Neu untuk memperoleh bayangan lebih jelas mengenai layanan mereka.

Kalau kalian punya rekening tabungan Bank Permata atau SeaBank, mending kirim saldo DANA kalian ke rekening tersebut dan top up ShopeePay dari sana. It’ll save your time and pennies.

Baca juga:
1. [Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay
2. Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO dengan Oy! Indonesia

Cara transfer saldo DANA ke ShopeePay secara langsung

💡 Catatan: Transfer langsung melalui fitur Saldo Digital akan dikenakan biaya Rp999 oleh DANA.

Cara transfer saldo DANA ke ShopeePay secara langsung dengan VA Bank Permata.

  1. Buka aplikasi Shopee kalian.

    Ketuk menu ShopeePay di halaman utama aplikasi Shopee.

  2. Ketuk Isi Saldo dan pilih Bank Transfer.

    Pilih Bank Permata. Klik Konfirmasi.

  3. Akan muncul layar berisi No. Virtual Account. Ketuk SALIN untuk menyalin nomor itu.

    Dalam tutorial ini saya menggunakan Bank Permata sebagai bank tujuan transfer.
    Transfer saldo DANA ke ShopeePay Gratis

  4. Buka aplikasi DANA kalian.

    Pastikan kalian sudah upgrade akun DANA menjadi Premium dengan melakukan verifikasi ID atau KTP secara online.

  5. Ketuk menu Send atau Kirim. Pilih Send to Bank Account.

    Pilih bank tujuan Bank Permata. Paste atau tempel No. Virtual Account yang kalian SALIN tadi. Kalian juga bisa input nomor VA secara manual dengan memasukkan kode 706 + nomor HP yang terdaftar di Shopee (Bank Permata).

  6. Masukkan nominal yang ingin kalian transfer. Ketuk Confirm.

    Kalian akan diarahkan ke halaman konfirmasi transaksi DANA. Pada layar Confirmation Page perhatikan nama tujuan pengiriman dana. Nama tujuan biasanya adalah username kalian di Shopee.

  7. Bila sudah benar, ketuk Confirm. Lalu masukkan PIN DANA kalian.

  8. Transfer DANA ke ShopeePay selesai.

    Cek halaman ShopeePay kalian. Seluruh transaksi akan tercatat di riwayat transaksi. Bila transfer berhasil, di sana akan ada keterangan Top Up berhasil.
    Receipt Transfer saldo DANA ke ShopeePay

Baca juga:
1. Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan GoPay
2. 5 Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin

Cara transfer saldo DANA ke ShopeePay via Neu

Cara transfer via Neu sedikit lebih panjang dari cara sebelumnya. Ide dasarnya sederhana: kalian transfer saldo DANA ke Neu, lalu Neu meneruskan saldo kalian ke ShopeePay.

  1. Buka ShopeePay kalian. Pilih Isi Saldo.
  2. Pada bagian Transfer Bank, pilih Bank Permata. Ketuk Konfirmasi, lalu salin Nomor Rekening (virtual account) Bank Pertama untuk ShopeePay.
  3. Buka aplikasi Neu. Pilih neuTransfer.
  4. Ketuk Transfer ke Rekening Baru. Pilih Bank Permata sebagai tujuan transfer.
  5. Tempel (paste) VA Bank Permata yang kalian salin dari ShopeePay. Ketuk CEK AKUN. Aplikasi Neu akan menampilkan nama pemilik akun. Keterangannya adalah SHOPEEPAY/USERNAME SHOPEE KALIAN.
  6. Jika nomor akun sudah benar, ketuk LANJUT.
  7. Isi nominal transfer. Misal, Rp50.000. Lalu ketuk LANJUT. Ingat, minimal transfer Rp50.000 untuk menikmati gratis transfer di DANA.
  8. Pada layar Konfirmasi Transfer, pilih Permata Virtual Account sebagai Metode Pembayaran. Lalu ketuk BAYAR.
  9. Salin nomor rekening Neu kalian.
  10. Buka aplikasi DANA dan ketuk Send (Kirim dana). Pilih Send to Bank.
  11. Ketuk Add new bank account. Pilih Bank Permata sebagai tujuan transfer dan masukkan nomor rekening yang kalian salin dari aplikasi Neu. Ketuk SUBMIT.
  12. Kalian akan diarahkan ke layar konfirmasi. Di bagian atas kalian bisa melihat keterangan penerima transfer, yaitu SAFECASH-NEU DIIKUTI NAMA KAMU.
  13. Masukkan nominal transfer sesuai dengan nominal transfer yang kalian input di aplikasi Neu. Misal, Rp50.000. Ketuk PAY untuk melanjutkan transaksi.
  14. Masukkan PIN DANA kalian.
  15. Transfer selesai. Buka akun ShopeePay kalian untuk mengecek apakah dana sudah masuk.

Ada biaya admin, gak?

Bisa iya, bisa tidak. Pengguna DANA yang sudah upgrade akunnya menjadi Premium mendapat jatah gratis transfer 10x per bulan. Syaratnya, kamu transfer saldo minimal Rp 50.000.

Bila kamu transfer saldo DANA di bawah Rp 50.000, kamu bakal kena biaya admin sebesar Rp 4.500 per transfer. Minimal transfer sebesar Rp 10.000.

Berapa lama waktu transfer DANA ke ShopeePay?

Kalau gak ada gangguan sistem, gak bakal lama. Transaksi bersifat instan. Artinya, dana akan terkirim segera setelah kamu konfirmasi transfer. Cek akun ShopeePay kamu. Saldo terkirim akan tampak di sana.

Ada kendala transfer? Lakukan hal ini

Selama menggunakan DANA, saya tidak pernah mengalami gangguan transaksi transfer uang. Kalaupun terjadi, segera hubungi Customer Service DANA. Buka menu Me di pojok kanan bawah layar aplikasi DANA. Ketuk Help Center, lalu scroll ke bawah hingga muncul bagian Contact Us. Hubungi salah satu kanal di sana. Saya pribadi sih lebih suka menggunakan fitur Chat via WhatsApp. Respons CS sangat cepat.

Epilog

Setelah berhasil transfer saldo DANA ke ShopeePay, saya segera membayar pesanan powerbank di Shopee. Kalau bukan demi gratis ongkir, saya gak bakal pakai dompet digital ini. Bukan gimana-gimana, tapi apa sih bagusnya ShopeePay?

Coba saja kalian bandingkan fitur-fiturnya dengan dompet digital lain seperti DANA, GoPay, LinkAja, atau OVO. Segera kentara betapa minimalnya fitur ShopeePay. Belum lagi soal dukungan ekosistem pembayaran yang sangat terbatas.

Lagi-lagi, hanya demi diskon, cashback, dan gratis ongkir. Kalau bukan karena alasan-alasan itu, pastilah artikel cara transfer saldo DANA ke ShopeePay ini gak bakal kalian baca. Iya, kan?

Artikel pertama kali terbit pada 15 Agustus 2020 dan terakhir diperbarui pada 15 Agustus 2021.

Subscribe
Notify of
guest
52 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments