[Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Kebijakan transfer GoPay makin ketat. Kini pengguna gak bisa lagi transfer saldo GoPay ke OVO secara langsung. Untuk melakukannya, kalian perlu menggunakan layanan pihak ketiga seperti OY! Indonesia.

OY! Indonesia adalah fintech yang didirikan oleh mantan Vice President GoFood. Aplikasi ini menawarkan jasa pengiriman uang antar-bank secara gratis. Fitur inilah yang akan kita gunakan untuk transfer saldo GoPay ke OVO.

Kenapa gak transfer langsung aja

Setelah GoPay memperkenalkan fitur transfer “To bank account” untuk menggantikan fitur “Withdraw”, pengguna gak bisa lagi transfer saldo GoPay ke OVO secara langsung. Dulu, kalian bisa menggunakan Bank Nobu sebagai rekening tujuan, sekarang gak bisa.

Saya sudah mengujinya. Saya mencoba seluruh saluran yang disediakan OVO sebagai rekening tujuan. Semuanya gagal. Semua virtual account OVO yang saya masukkan sebagai rekening tujuan pada fitur To bank account GoPay menampilkan keterangan: “No account found. Please check and try again.” Hanya virtual account BNI Syariah yang berhasil menunjukkan keterangan nama akun OVO saya, itupun selalu gagal pada proses pengiriman.

Saya berkesimpulan, GoPay sudah mengecualikan seluruh upaya pengiriman uang yang mengarah ke dompet digital lain seperti OVO. Hal demikian juga terjadi pada rekening tujuan DANA. Karena itu kita memerlukan layanan pihak ketiga untuk menjembatani.

Masih ada jalan: Pakai OY! Indonesia

Selain OY!, ada dua aplikasi transfer antarbank yang dapat digunakan untuk menjembatani transfer dari GoPay ke ShopeePay, yakni Flip dan Neu. Lihat bagian Alternatif Aplikasi Transfer.

Inilah saatnya OY! Indonesia beraksi. Aplikasi ini serba guna. Selain punya fitur gratis transfer antar-bank, dia juga menawarkan fitur top-up dompet digital dan e-walltet gratis. Sayangnya, OY Indonesia belum mendukung top-up OVO.

Karena itu saya menggunakan fitur transfer antar-bank untuk mentransfer saldo GoPay ke OVO. Alur transaksinya kurang lebih seperti ini: GoPay > OY Indonesia > OVO.

Sebelum kalian bisa menggunakan fitur OY Indonesia, tentu saja kalian harus menginstall dan mendaftarkan akunnya. Kalian bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play atau App Store.

Bagi yang belum punya akun OY!, kalian bisa download OY! menggunakan link berikut. Daftarkan diri kalian, verifikasi identitas, dan transfer dana ke rekening lain yang bukan atas namamu (rekening orang lain) untuk mendapatkan bonus top up GoPay Rp 10.000.

Baca juga:
1. 5 Aplikasi Transfer Antar-Bank Gratis Tanpa Biaya Admin
2. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?

Cara transfer saldo GoPay ke OVO dengan OY! Indonesia

Caranya agak panjang sebab melibatkan aplikasi pihak ketiga. Setelah kalian memiliki akun dan menautkan rekening bank di OY Indonesia, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk transfer saldo GoPay ke OVO. Ada dua tahap. Pertama, persiapan di aplikasi OY! Indonesia. Kedua, transfer di aplikasi GoPay atau GoJek.

Di aplikasi OY Indonesia

1. Buka aplikasi OY Indonesia. Ketuk menu Transfer pada bagian atas layar. Pilih Local Transfer.

2. Ketuk menu Add New Recipient. Pada layar Enter Recipient Detail di bagian Recipient’s Bank, pilih Bank National Nobu. Setelah itu isikan rekening tujuan pada kolom Account Number. Masukkan 9+Nomor Ponsel yang terdaftar di OVO (misal, 9081339123456). Tekan Done. Akan muncul keterangan nama penerima yang terdaftar di OVO. Kemudian isikan nomor telepon penerima dana sehingga OY Indonesia bisa mengirimkan notifikasi terkait status transaksi. Setelah semua terisi, tekan Continue.

transfer saldo GoPay ke OVO dengan Oy Indonesia

3. Pada layar Transfer Details, kalian perlu mengisi Amount atau nominal uang yang hendak dikirim, Source of Fund atau sumber dana, dan Category transaksi. Pada bagian Source of Fund, kalian wajib memilih sumber dana yang akan menjadi bank tujuan pengiriman di GoPay. Kali ini saya akan menggunakan Bank Permata sebagai sumber dana sekaligus rekening tujuan pengiriman. Kalian bisa menggunakan bank apa saja, selama itu tersedia di OY! Indonesia. Kalian perlu menautkan atau connect rekening bank yang kalian punya lebih dulu. Setelah semua siap, ketuk Continue.

transfer saldo GoPay ke OVO dengan Oy Indonesia

4. Akan muncul pilihan metode transfer. Ada tiga metode yang bisa kalian pilih, yakni Debit Card, Virtual Account, dan Bank Transfer. Untuk keperluan kita (kirim saldo GoPay ke OVO), kita hanya bisa menggunakan metode Virtual Account dan Bank Transfer, tentu saja karena kita akan mengirim uang dari GoPay bukan kartu debit. Saya menggunakan metode Virtual Account karena verifikasi otomatis dan tidak ada tambahan kode unik. Bila menggunakan metode Bank Transfer, transaksi akan ditambahi tiga digit kode unik (misal, mengirim Rp 10.000, mungkin ditambahi Rp 123 sebagai kode unik, jadi total kita harus kirim Rp 10.123). Karena itu, bila bank yang kalian tautkan mendukung metode virtual account, mending pakai ini saja. Setelah yakin, ketuk salah satu metode.

5. Kalian akan dialihkan ke halaman Transfer Detail. Pada bagian Transfer to Virtual Account No ketuk Copy untuk menyalin nomor rekening tujuan. Tahap selanjutnya kalian akan mengirim uang dari aplikasi GoPay.

Di aplikasi GoPay atau GoJek

1. Buka aplikasi GoJek. Ketuk menu Pay di bagian atas layar. Pilih To bank account. Ketuk Instant transfer to a new account.

2. Pilih Permata Bank sebagai bank tujuan. Masukkan nomor virtual account yang kalian salin dari aplikasi OY. Ketuk Verify. Akan muncul nama penerima sesuai identitas yang kalian daftarkan di OY. Ketuk Continue.

transfer saldo GoPay ke OVO dengan Oy Indonesia

3. Masukkan nominal uang sesuai dengan yang kalian masukkan di aplikasi OY. Tekan Continue. Kalian akan dialihkan ke halaman Transfer Confirmation. Bila data yang dimasukkan sudah benar, ketuk Continue. Masukkan PIN GoPay. Transaksi selesai.

4. Cek akun OVO kalian. Bila berhasil akan ada notifikasi dari GoPay dan OY Indonesia. Bila gagal, dana akan dikembalikan ke saldo GoPay.

Bukti transfer saldo GoPay ke OVO dengan Oy Indonesia

Baca juga:
1. Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan GoPay
2. Cara Transfer Saldo DANA ke OVO

Alternatif aplikasi penengah transfer

Jika kalian mengalami kendala menggunakan OY, ada dua alternatif aplikasi transfer antarbank yang bisa jadi solusi penengah transfer dari GoPay ke ShopeePay.

FLIP

Flip menyediakan layanan transfer antarbank tanpa biaya admin. Setiap transfer menggunakan metode manual dan akan ditambahkan Kode Unik tiga digit.

Uang dari Kode Unik akan disimpan sebagai deposit dan bisa dicarikan setelah terkumpul Rp 10.000.

Neu

Sebagai penantang baru, Neu menawarkan layanan transfer antarbank gratis admin dengan rekening sumber BCA, BRI, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Danamon, dan Permata.

Neu mendukung metode transfer manual dan virtual account. Untuk jenis transfer manual, Neu akan ditambahkan tiga digit kode unik sebagai identitas transaksi.

Berbeda dari FLIP dan OY!, kode unik di Neu akan dikembalikan sebagai Points yang dapat digunakan bertransaksi di Neu.

Epilog

Belakangan layanan dompet digital kian eksklusif membangun ekosistem mereka. Mereka berusaha menahan uang berputar selama mungkin di ekosistem mereka dan gak pindah ke ekosistem lain. GoPay, misalnya, mempersulit pemindahan uang dari layanan mereka ke dompet digital lain seperti OVO dan DANA. LinkAja bahkan sudah lebih dulu melakukannya.

Pengguna harus lebih cerdik melihat celah untuk memindahkan uang mereka secara lebih luwes. Ingat, pada akhirnya kita sadar uang itu adalah milik kita. Kita berhak memindahkannya ke manapun kita mau.

Kalian sudah mencoba cara transfer saldo GoPay ke OVO di atas? Kalian punya “trik” lain? Silakan bagi pengalaman kalian di kolom komentar.

Artikel terbit pertama kali 12 Agustus 2020. Terakhir diperbarui pada 1 April 2021 untuk menambahkan layanan transfer alternatif Flip dan Neu.

Subscribe
Notify of
guest
10 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments