[Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay

transfer gopay ke shopeepay terbaru

Kamu tersesat di artikel ini pasti karena kamu gagal atau tidak bisa transfer GoPay ke ShopeePay, kan? Memang, sejak mengenalkan fitur transfer To bank account untuk menggantikan fitur Withdraw, kebijakan transfer saldo GoPay semakin ketat. Dalam artikel lain saya sudah sempat menuliskan kesulitan memindahkan dana dari GoPay ke OVO. Untuk “mengakalinya,” saya menggunakan layanan pihak ketiga bernama OY! Indonesia.

Di artikel ini saya menggunakan cara yang sama. Sebabnya, tiap kali saya menginput virtual account (VA) ShopeePay sebagai tujuan transfer, selalu muncul keterangan “This account is not supported” atau “No account found.” Artinya, GoPay tidak mengenali VA ShopeePay. Barangkali GoPay telah menyaring virtual account dengan kode tertentu.

Jadi, bagi kalian yang mau transfer saldo GoPay ke ShopeePay, kalian wajib meng-install aplikasi OY! Indonesia terlebih dulu. Aplikasi ini akan jadi perantara transfer saldo. Tenang, transaksi dengan OY! bersifat instan. Kalian gak perlu tunggu lama atau konfirmasi segala. OY! juga sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia dengan No. 21/267/Jkt/3. Secara hukum tidak ada masalah.

Siapkan hal ini sebelum kamu transfer

Sebelum melakukan pengiriman saldo, kamu wajib meng-install dan mendaftar layanan gratis OY! Indonesia (Download OY! menggunakan link di samping. Daftar, verifikasi identitas, dan transfer dana ke rekening orang lain atau bukan atas namamu, kemudian dapatkan bonus top up GoPay Rp 10.000).

Setelah mendaftar, lakukan penambahan rekening sumber dana melalui menu Add Account pada halaman utama aplikasi OY! Indonesia. Kalian bisa pakai rekening bank apa saja. Rekening ini hanya akan berfungsi sebagai tanda kalian memiliki akun bank yang sah.

Secara ringkas, tahapan yang bakal kalian lalui adalah ShopeePay – OY! Indonesia – GoPay – ShopeePay. Artinya, kamu tidak langsung mengirim saldo GoPay ke ShopeePay, tapi melalui OY! Indonesia. Kamu akan mengirim saldo GoPay ke OY! Indonesia. Nantinya, OY! Indonesia-lah yang akan men-top-up saldo ShopeePay kamu.

Sederhana, ‘kan?

Tenang, cara ini saya jamin aman. Saya sudah mencobanya dan bekerja. Ini bukan sesuatu yang ilegal, karena pada dasarnya kita menggunakan fitur transfer bank yang sah. Seluruh transaksi juga diawasi Bank Indonesia.

Baca juga:
1. Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan GoPay
2. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?

Cara Transfer GoPay ke ShopeePay

Sudah paham alur transfernya? Sekali lagi: kamu kirim saldo GoPay ke OY! Indonesia, lalu OY! Indonesia akan kirim dana ke ShopeePay-mu.

Bila semuanya sudah siap, ikuti cara berikut untuk transfer GoPay ke ShopeePay.

  1. Buka aplikasi Shopee kalian.

    Pilih menu Saya. Lalu klik ShopeePay.

  2. Ketuk Isi Saldo dan pilih Bank Transfer.

    Di layar Isi Saldo ShopeePay, kalian akan melihat pilihan kanal pembayaran. Gunakan metode Bank Transfer. Pilih Bank Mandiri. Klik Konfirmasi.

  3. Akan muncul layar berisi No. Virtual Account Bank Mandiri.

    Ketuk SALIN untuk menyalin nomor itu. Nomor ini adalah rekening virtual untuk menampung saldo ShopeePay kalian.

  4. Sekarang, buka aplikasi OY! Indonesia.

    Ketuk menu Transfer. Akan muncul dua opsi: Local Transfer dan International Transfer. Pilih Local Transfer.

  5. Ketuk Add New Recipient (atau Tambah Penerima Baru)

    Pilih Bank Mandiri sebagai RECIPIENT’S BANK. Paste atau tempel No. Virtual Account yang kamu Copy atau Salin di ShopeePay. Kamu juga bisa memasukkan No. VA secara manual. Ketik 893 + No. HP yang terdaftar di ShopeePay.

    Setelah selesai, ketuk DONE. Akan muncul keterangan dengan tanda centang berwarna hijau yang menunjukkan nomor rekening virtual yang kamu masukkan sudah benar. Kemudian ketuk CONTINUE.transfer gopay ke shopeepay

  6. Kalian akan diarahkan ke layar Transfer Details

    Pastikan tujuan pengiriman, dalam hal ini No. VA ShopeePay, sudah benar. Masukkan nominal transfer pada kolom AMOUNT. Untuk SOURCE OF FUND kalian bebas pilih, tergantung rekening bank yang kalian punya. Untuk kali ini saya menggunakan Bank Permata. Pilih salah satu kategori transaksi. Kemudian ketuk CONTINUE.

  7. Pada layar Select Transfer Method, pilih Virtual Account.

    Masing-masing bank bisa menunjukkan opsi metode pembayaran berbeda. Secara umum, OY! menawarkan tiga metode: Manual Transfer, Debit Card, dan Virtual Account. Agar praktis, cepat, dan gratis, gunakan metode Virtual Account. Ketuk metode Virtual Account.

  8. Kamu akan dibawa ke halaman Transfer Detail.

    Pada halaman ini kamu dapat melihat detail transaksi yang sedang kamu lakukan. Kamu punya waktu 3 (tiga) jam untuk menuntaskan transfer. Copy atau Salin No. Virtual Account pada bagian TRANSFER TO VIRTUAL ACCOUNT NO. Ini adalah nomor tujuan pengiriman yang akan kamu input di GoPay.

  9. Buka aplikasi GoJek (GoPay)

    Ketuk menu Pay. Di bagian Pay nad send, pilih To bank account atau Ke rekening bank.

  10. Lalu ketuk Instant transfer to a new account

    Kamu akan diarahkan ke halaman Select a bank atau pilih bank tujuan. Pilihlah bank yang kamu gunakan pada aplikasi OY! Indonesia.

  11. Pilih Bank Tujuan

    Dalam contoh kali ini saya menggunakan Bank Permata. Masukkan No. Virtual Account Bank Permata yang tertera di Transfer Detail OY! Indonesia. Kemudian ketuk Verify. Akan muncul keterangan nama penerima transfer saldo GoPay. Nama yang tertera merupakan namamu yang terdaftar di OY! Indonesia. Ketuk Continue.

    Seperti saya bilang di atas, kamu bisa menggunakan rekening bank apapun yang kamu punya, asalkan didukung oleh sistem OY! Indonesia.transfer gopay ke shopeepay

  12. Masukkan nominal transfer saldo GoPay.

    Sesuaikan dengan nominal dana yang kamu masukkan di aplikasi OY! Indonesia sebelumnya. Bila kamu memasukkan 50.000 di aplikasi OY!, masukkan juga 50.000 di GoPay.transfer gopay ke shopeepay

  13. Klik Continue dan masukkan PIN GoPay

    Seluruh tahap transfer sudah kamu selesaikan. Saatnya mengecek saldo ShopeePay-mu.

  14. Selamat! Transaksimu berhasil.

    Transfer akan diproses secara instan. Segera cek aplikasi Shopee. Buka halaman ShopeePay dan lihat riwayat transaksi. Bila saldo sudah masuk, kamu akan melihat ada Rincian Isi Saldo yang menampilkan detil penambahan saldo.

Baca juga:
1. 5 Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin
2. Bikin Rekening TMRW by UOB Dapat Bonus Saldo GoPay Rp 100.000

Berapa biaya admin transfer GoPay ke ShopeePay?

Kamu akan dibebankan biaya transfer sebesar Rp 2.500 oleh pihak GoPay. Dari pihak OY! Indonesia sendiri tidak ada tambahan biaya administrasi. Begitu juga dari pihak ShopeePay.

Kapan saldo ShopeePay akan bertambah?

Saldo ShopeePay-mu akan bertambah secara instan. Cek halaman ShopeePay secara berkala. Terkadang, saldo ShopeePay memang agak telat ter-update. Sedikit bersabarlah.

Alternatif aplikasi penengah transfer

Mengalami kendala menggunakan OY? Ada dua alternatif aplikasi transfer antarbank yang bisa jadi solusi penengah transfer dari GoPay ke ShopeePay.

FLIP

Flip menyediakan layanan transfer antarbank tanpa biaya admin. Setiap transfer menggunakan metode manual dan akan ditambahkan Kode Unik tiga digit.

Uang dari Kode Unik akan disimpan sebagai deposit dan bisa dicarikan setelah terkumpul Rp 10.000.

Sayangnya, Flip baru melayani pengiriman dana ke 14 bank dalam negeri. Namun, Flip punya keunggulan tersendiri. Customer Service Flip sangat ramah dan responsif.

Neu

Neu merupakan produk finansial keluaran PT Neu Inklusi Keuangan yang bermarkas di Jakarta.

Sebagai penantang baru, Neu menawarkan layanan transfer antarbank gratis admin — selain juga fitur neuBudget, dan top up e-wallet dan pembayaran tagihan.

Layanan ini hanya cocok bagimu yang punya rekening BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Sebab, hanya empat bank itu saja yang untuk saat ini didukung oleh Neu.

Sama seperti FLIP, Neu hanya mendukung metode transfer manual. Setiap transfer akan ditambahkan tiga digit kode unik sebagai identitas transaksi.

Sayangnya, berbeda dari FLIP dan OY, tiga digit kode unik di Neu tidak tersimpan sebagai deposit, melainkan terpotong sebagai biaya layanan.

Tetap saja, tiga digit rupiah masih lebih murah ketimbang biaya admin transfer bank Rp 6.500 atau transfer GoPay ke bank sebesar Rp 2.500.

Epilog: Dengan sedikit trik, kamu bisa transfer GoPay ke ShopeePay

Masing-masing dompet digital memang mulai memikirkan cara agar “putaran uang” bertahan selama mungkin di ekosistem mereka. Dompet digital seperti GoPay dan LinkAja bahkan “mencegah” saldo berpindah ke dompet digital lain. Hal seperti ini harus kamu siasati dengan sedikit kejelian dengan menggunakan layanan penengah seperti OY! Indonesia.

Buat saya, aplikasi OY! wajib ada di handphone. Aplikasi ini membuat perpindahan uang menjadi lebih luwes dan ringan biaya. Seperti tutorial transfer saldo GoPay ke ShopeePay di atas. Hanya dengan OY! proses seperti itu dapat menjadi mungkin.

Selain menyediakan fitur gratis transfer antarbank, OY! sebetulnya juga punya fitur top-up dompet digital tanpa biaya administrasi. Beberapa dompet digital seperti GoPay, DANA, LinkAja, DOKU, dan PayTren sudah didukung oleh OY!

Entahlah, padahal awalnya saya punya kesan buruk dengan OY! seperti saya tulis di sini. Tapi, lama kelamaan, pengembangnya benar-benar mendengarkan feedback dari pengguna dan sekarang OY! malah jadi aplikasi wajib di handphone saya.

Artikel terbit pertama kali 27 Agustus 2020 dan terakhir update pada 21 Desember 2020. Penulis menambahkan alternatif layanan transfer pihak ketiga.

Subscribe
Notify of
guest
26 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments