[Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke DANA

Transfer GoPay ke DANA

Setelah kebijakan transfer GoPay makin ketat, pengguna kini gak bisa lagi melakukan transfer saldo GoPay ke DANA secara langsung. Saya sudah mengeceknya. Tiap kali saya menginput virtual account (VA) DANA sebagai nomor tujuan transfer, GoPay selalu memperlihatkan keterangan “This account is not supported” atau “No account found.”

Keterangan itu menunjukkan bahwa GoPay tidak mengenali VA DANA. Agaknya belakangan ini GoPay mulai rajin menyaring virtual account dengan kode tertentu, terutama yang mengarah ke dompet digital saingannya.

Karena alasan itulah, saya akhirnya menggunakan layanan pihak ketiga bernama OY! Indonesia untuk menjembatani transaksi.

OY! Indonesia adalah fintech yang didirikan di Jakarta oleh mantan VP GoFood. Sebagai layanan pengiriman uang, OY! sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia dengan No. 21/267/Jkt/3.

Aplikasi ini menawarkan jasa pengiriman uang antar-bank secara gratis. Selain itu, OY! juga punya fitur top-up dompet digital tanpa biaya admin. Nah, fitur terakhir inilah yang akan kita gunakan untuk transfer saldo GoPay ke DANA. Pendeknya, kita akan top up DANA dengan saldo GoPay melalui OY! Indonesia.

Siapkan hal-hal berikut sebelum kamu transfer

Untuk transfer saldo GoPay ke DANA kita akan memanfaatkan fitur Transfer to bank GoPay. Mengingat hanya akun GoPay Plus yang dapat menggunakan fitur ini, atau akun yang sudah berstatus terverifikasi, maka kamu wajib lebih dulu memverifikasi akunmu.

Setelah itu, kamu wajib meng-install dan mendaftar layanan gratis OY! Indonesia melalui link berikut. Dengan menggunakan link referral tersebut, kamu berpotensi memperoleh bonus top up GoPay sebesar Rp 10.000. Lakukan pendaftaran akun OY!, verifikasi identitas, dan transfer dana ke rekening orang lain atau rekening ang bukan atas namamu. Segera setelah itu, kamu akan memperoleh bonus top up GoPay.

Proses transfer GoPay ke DANA sangat sederhana. Kurang lebih seperti ini: GoPay – OY! Indonesia – DANA. OY! akan berfungsi sebagai perantara transfer. Pada aplikasi OY! kita akan menggunakan fitur top up dompet digital. Sementara pada GoPay kita akan menggunakan fitur Transfer to bank.

Gampang, ‘kan?

Tenang, cara ini aman dan tidak ilegal karena pada dasarnya kita hanya menggunakan fitur transfer bank GoPay yang sah. Seluruh aplikasi yang saya gunakan terdaftar dan diawasi Bank Indonesia.

Baca juga:
1. [Trik] Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay
2. Review Bibit: ‘Jajan’ Reksa Dana Online Dengan Robo (Bonus Rp 25K)

Cara transfer saldo GoPay ke DANA

Setelah semuanya siap dan kalian mengerti alur transaksinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi OY! Indonesia.

    Di layar utama ketuk menu Bills & Top up. Pilih top up DANA.Transfer GoPay ke DANA

  2. Masukkan nomor HP yang terdaftar di DANA.

    Ketuk Check Number. OY! akan menampilkan nama pemilik nomor (misal, DNID 08123456789). Kalau nomor tujuan sudah benar, ketuk CONTINUE.Transfer GoPay ke DANA

  3. Masukkan nominal top up DANA dan tentukan sumber dana.

    Top up minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 10.000.000. Pilih rekening sumber dana. Gunakan rekening yang mendukung metode virtual account. Saya menggunaan rekening Bank Permata. Lalu, ketuk CONTINUE.

  4. Pilih metode transfer.

    Pilih virtual account sebagai metode transfer untuk layanan bebas biaya admin.

  5. Di layar Top Up Detail, salin nomor virtual account.

    Ketuk Copy untuk menyalin nomor VA. Nomor VA berfungsi sebagai rekening perantara transfer GoPay ke DANA. Kalian punya waktu 3 (tiga) jam untuk menyelesaikan transfer. Tahapan di OY! sudah selesai.

  6. Buka aplikasi GoPay (Gojek) dan pilih menu Pay.

    Pilih opsi To bank account. Kemudian ketuk Instant transfer to a new account.

  7. Pilih bank tujuan transfer.

    Sebagai contoh, saya pakai Bank Permata. Kalian bisa pakai bank apapun di OY!.

  8. Tempel atau Paste nomor virtual account yang disalin dari aplikasi OY!

    Ketuk Verify untuk mengecek nomor tujuan. Akan muncul keterangan BANK ACCOUNT FOUND. Pastikan nama penerima sudah benar. Kemudian klik Continue.transfer gopay ke shopeepay

  9. Masukkan nominal transfer sesuai nominal transfer di OY! Indonesia.

    Pastikan kamu memasukkan nominal yang sama dengan yang kamu input di OY!. Kekeliruan input nominal transfer bisa berakibat gagal transfer. Bila itu terjadi, dana kamu akan di-refund.

    Bila sudah benar, ketuk Continue.Transfer GoPay ke DANA

  10. Kamu akan diarahkan ke layar konfirmasi.

    Masukkan PIN GoPay. Tunggu uang masuk ke DANA.

  11. Selamat. Proses transfer dari GoPay ke DANA sudah selesai.

    Segera cek saldo di aplikasi DANA. Saldo akan segera ter-update.

Baca juga:
1. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?
2. 5 Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin

Kapan saldo DANA akan bertambah?

Saldo DANA-mu akan bertambah secara instan. Bila tidak ada kesalahan input data atau semacamnya, dana akan masuk saat itu juga. Segera cek aplikasi DANA kalian.

Apa transfer GoPay ke DANA kena biaya admin?

Transaksi ini menggunakan fitur Transfer to bank. GoPay akan membebankan biaya transfer ke bank sebesar Rp 2.500. Pihak OY! tidak mengenakan biaya sepeser pun.

Rp 2.500? Tetap lebih kecil dari biaya admin transfer bank umumnya, ‘kan?

Rekening bank dan metode transfer

Kalian bisa pakai rekening bank apapun selama mendukung metode virtual account. Selain metode VA, kalian juga bisa pakai motode Transfer Manual selama kalian punya saldo lebih sebagai kode unik transaksi. Bisanya kode unik hanya berkisar antara Rp 1-100. Kode unik berfungsi sebagai penanda transaksimu.

Misal, kamu transfer Rp 50.000. Lalu, kamu pakai metode Transfer Manual. Sistem OY! akan menambahkan tiga digit kode unik pada nominal transfermu. Dari Rp 50.000 misalnya menjadi Rp 50.123.

Sistem OY! tidak akan menambahkan kode unik untuk transfer dengan metode VA.

Bila gagal transfer, apa yang harus saya lakukan?

Pertama, perhatikan pada tahapan mana kamu mendapat kendala. Bila kamu keliru memasukkan nominal transfer pada aplikasi GoPay (GoJek), sebaiknya kamu mengajukan refund ke CS OY! Indonesia. Kesalahan input nominal transfer hampir pasti menyebabkan gagal transfer.

Bila seluruh data yang kalian masukkan sudah benar, tapi dana tetap tidak masuk, ajukan komplain ke tiga pihak bersangkutan. Proses transfer dana kadang menghadapi gangguan sistem. Bersabarlah soal ini.

Epilog: “Trik” kecil transfer GoPay ke DANA bernama OY!

GoPay agaknya mulai memikirkan cara agar “putaran uang” bertahan selama mungkin dalam ekosistem mereka. Barangkali itu pula yang menyebabkan transfer ke dompet digital lain, yang dulunya bisa secara langsung, sekarang tidak bisa lagi.

Hal seperti ini harus kamu siasati dengan sedikit kejelian memanfaatkan layanan penengah seperti OY! Indonesia.

Buat saya, aplikasi OY! Indonesia wajib ada di handphone. Aplikasi ini membuat perpindahan uang menjadi lebih luwes dan ringan biaya.

Selain menyediakan fitur gratis transfer antarbank, OY! juga punya fitur top-up dompet digital tanpa biaya administrasi. OY! sudah mendukung top up beberapa dompet digital seperti GoPay, DANA, LinkAja, DOKU, dan PayTren. Fitur ini bisa kalian manfaatkan untuk melakukan transfer antar-dompet digital.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments