Cara Transfer Saldo DANA ke iSaku, Gratis!

Cara transfer saldo DANA ke iSaku

Ah, satu lagi artikel how to dalam seri “aduh kelebihan top up saldo DANA, gimana caranya transfer ke e-wallet lain?” Kali ini khusus mengenai cara transfer saldo DANA ke iSaku.

Bagi yang belum tahu, iSaku (atau sering juga ditulis i.Saku) adalah e-wallet milik Salim Group, konglomerasi yang juga mengendalikan Indofood, Indomobil, dan pemilik usaha retail Indomaret. Sejak tahun 2017, iSaku mengantongi lisensi e-money dari Bank Indonesia.

Aplikasi i.Saku dapat kalian gunakan untuk bertransaksi di Klik Indomaret, melakukan transaksi setor tunai, belanja, dan tarik saldo di gerai-gerai Indomaret.

Yang gak kalah keren, kalian bisa membayar belanjaan di berbagai situs e-commerce (misal, Tokopedia dan Shopee) dengan iSaku.

Perhatikan hal ini sebelum transfer

Sebelum mengirim uang dengan aplikasi DANA ke iSaku, upgrade akun DANA menjadi Premium dan pastikan aplikasi yang terpasang adalah versi terbaru. Agar terbebas dari biaya admin, lakukan transfer minimal Rp 50.000.

Untuk tujuan transfer, gunakan virtual account (VA) Bank CIMB Niaga atau BRI dengan format kode bank + nomor HP yang terdaftar di iSaku.

Agar tidak salah kirim, pastikan nomor HP yang terdaftar di iSaku sudah benar dengan membuka menu Profil > Lihat Profil.

  1. Untuk virtual account Bank CIMB Niaga, pastikan nomornya 7939 + nomor HP yang terdaftar di iSaku. Misal, 7939085338123456.
  2. Untuk virtual account BRI, pastikan nomor tujuan 77778 + nomor HP yang terdaftar di iSaku. Misal, 777780853380123456.

Ingat, saat ini kamu hanya bisa mengguna VA dua bank tadi untuk transfer saldo DANA ke iSaku.

Baca juga:
1. Review Bank Jago: New “J” on The Block (Kesan Awal)
2. Review Nyala Digital: Layanan Perbankan Digital dari OCBC NISP

Cara transfer saldo DANA ke iSaku

Cara ini memanfaatkan fitur Send to Bank Account dari e-wallet DANA. Mengingat fitur ini hanya ada pada jenis akun DANA Premiun, maka kalian wajib meng-upgrade akun DANA. Verifikasi dapat dilakukan secara online dengan mengunggah e-KTP.

Berikut langkah-langkah transfer saldo DANA ke iSaku.

  1. Buka aplikasi DANA kalian.

    Terkadang kalian akan diminta memasukkan PIN sebelum bisa masuk ke layar utama aplikasi.

  2. Ketuk Transfer via Bank di layar utama aplikasi DANA.

    Atau kamu juga bisa ketuk menu Send atau Kirim, lalu pilih Send to Bank Account.Cara transfer saldo DANA ke iSaku

  3. Pilih bank tujuan Bank CIMB Niaga atau BRI dan masukkan virtual account.

    Saya pribadi lebih sering dan nyaman menggunakan VA CIMB Niaga. Pada kolom Account Number masukkan nomor virtual account 7939 + nomor HP yang terdaftar di iSaku untuk Bank CIMB Niaga atau 77778 + nomor HP yang terdaftar di iSaku untuk BRI. Ketuk ADD NEW BANK untuk melanjutkan transfer.Nomor virtual account iSAku

  4. Masukkan nominal yang ingin kalian transfer. Ketuk Set Amount.

    Pilih DANA Balance sebagai Payment Method, lalu ketuk Confirm.nominal transfer saldo DANA ke bank

  5. Pada halaman Confirmation Page, perhatikan nama penerima.

    Nama penerima akan diawali keterangan ISAKU untuk tujuan CIMB Niaga atau BRIVA untuk tujuan BRI (lihat gambar di bawah).Halaman konfirmasi transfer saldo DANA ke iSaku

  6. Bila sudah benar, ketuk Confirm. Lalu masukkan PIN DANA kalian.

    Jika kalian belum mengatur PIN DANA, saya sarankan untuk membuatnya. Itu penting untuk mengamankan traksaksi kalian.Masukkan PIN DANA

  7. Transfer DANA ke iSaku selesai.

    Buka aplikasi iSaku dan ketuk menu Mutasi. Laporan saldo masuk akan tampak di sana. Lihat gambar di bawah. Nomor 1 adalah laporan transfer masuk dari DANA menggunakan VA BRI, dan Nomor 2 adalah laporan transfer dengan VA CIMB Niaga. Selain itu, keterangan top up iSaku juga akan muncul berupa Push Notification.Bukti top up iSaku dari DANA

Baca juga:
1. [Trik] Cara Transfer Saldo LinkAja ke GoPay, Gratis!
2. Neu: Aplikasi Catatan Keuangan dan Transfer Antarbank Gratis

Ada biaya admin, gak?

Ini tergantung nominal transfer kalian. Pengguna DANA Premium mendapat kuota gratis transfer ke bank 10 kali per bulan. Syaratnya, transfer minimal sebesar Rp 50.000.

Jika nominal transfer di bawah Rp 50.000, maka kamu akan kena biaya admin sebesar Rp 4.500 per transfer.

Perlu dicatat, kamu bisa mengirim saldo DANA ke rekening bank mulai dari Rp 10.000.

Nominal transfer (Rp)Biaya (Rp)
<50.0004.500
≥ 50.000Gratis

Berapa lama waktu transfer DANA ke iSaku?

Transfer bersifat instan — dengan catatan sedang tidak ada gangguan sistem. Artinya, dana akan terkirim segera setelah kamu mengonfirmasi transfer. Buka aplikasi iSaku dan ketuk menu Mutasi. Laporan saldo masuk akan tampak di sana.

Ada kendala transfer? Lakukan hal ini

Untungnya, saya belum pernah mengalami gangguan transfer uang di DANA. Jika itu terjadi, segera hubungi Customer Service DANA.

Caranya, buka menu Me di pojok kanan bawah layar aplikasi DANA. Ketuk Help Center, lalu scroll ke bawah hingga ketemu bagian Contact Us. Hubungi salah satu kanal.

Saya pribadi lebih suka menggunakan kanal Chat via WhatsApp. Respons CS jauh lebih cepat.

Kontak CS DANA

Epilog

Saya menyukai aplikasi DANA. Meski begitu, saya tetap gak rela duit saya parkir di sana. Jika memang ada promosi atau keperluan khusus yang mengharuskan bertransaksi dengan e-wallet lain, seperti iSaku, ya tinggal transfer saja.

iSaku juga bukan e-wallet yang buruk. Meski tampilannya rada kuno, dia punya kanal pembayaran yang lengkap. Kamu bisa menggunakannya membayar belanjaan di banyak toko online, termasuk situs luar seperti Ali Express dan Agoda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments