Cara Transfer Saldo LinkAja ke ShopeePay

Cara transfer saldo LinkAja ke ShopeePay

TL;DR:
1. Kamu gak bisa transfer langsung dari LinkAja ke ShopeePay
2. Kamu bisa saja menggunakan fitur pembayaran BRIVA di menu Rekening Virtual LinkAja, namun ada biaya admin Rp 4.000
3. Ada cara lain: transfer ke ShopeePay menggunakan Flip. No admin fee!

LinkAja tidak mendukung transfer ke virtual account. Akibatnya, kita tak bisa melakukan transfer langsung dari LinkAja ke ShopeePay, mengingat metode top up Transfer Bank ShopeePay seluruhnya menggunakan virtual account.

Ketika kita mencoba menginput nomor virtual account sebagai nomor rekening tujuan di LinkAja, akan muncul peringatan: “Maaf saat ini kami tidak dapat memproses permintaan kamu.”

Sementara jika kamu top up ShopeePay dengan nomor virtual account BRI (BRIVA) di menu Rekening Virtual LinkAja, bakal ada biaya Rp 4.000 yang mesti dibayar.

Untungnya, masih ada jalan lain ke Roma. Kita bisa memanfaatkan layanan transfer antarbank gratis bernama Flip sebagai penengah transfer.

Perhatikan hal ini sebelum transfer

Cara ini menggunakan fitur Kirim Uang LinkAja dan layanan transfer antarbank Flip. Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah, pastikan kamu sudah meng-upgrade akun LinkAja menjadi Full Service dan melakukan verifikasi Flip.

Jika kalian belum sempat memverifikasi identitas di Flip, tenang; mereka menyediakan “trial period”, yakni layanan tanpa verifikasi dengan transfer maksimal Rp 500.000.

Jika kamu perlu melakukan transaksi segera, gunakan jatah Rp 500.000 tersebut. Namun setelah itu, kamu sebaiknya memverifikasi akun Flip untuk meningkatkan batas transfer hingga Rp 5 juta per hari.

Belum punya akun Flip? Kalian bisa mendaftar menggunakan link referral ini. Dengan menggunakan link tersebut, kamu turut mendukung blog ini; tentu tanpa mengurangi hakmu atau menambah biaya apapun. Baca juga kebijakan referral di laman Dukung.

Cara transfer saldo LinkAja ke ShopeePay

💡 Penting: Jangan transfer seluruh saldo LinkAja. Sisakan minimal Rp 1.000 sebagai kode unik ketika transfer via Flip. Misalkan, kamu mempunya saldo sebanyak Rp 20.000 dan berniat mengirimnya ke ShopeePay. Besaran transfer sebaiknya gak lebih dari Rp 19.000, mengingat bakal ada tambahan kode unik yang berkisar dari Rp 1 sampai Rp 999.

Jika kamu mempunyai rekening Mandiri, BNI, atau BRI; sebaiknya kamu mencairkan saldo LinkAja ke rekening tersebut dan top up ShopeePay dari sana agar lebih praktis.

Namun jika tidak, dan kamu sedang dalam misi menghemat receh seperti saya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka akun ShopeePay kalian. Ketuk Isi Saldo dan pilih Transfer Bank.

    Pilih Bank BRI sebagai tujuan transfer, lalu ketuk KONFIRMASI. Salin nomor virtual account tersebut. Kita akan menggunakannya di Flip.

  2. Buka aplikasi Flip dan ketuk Kirim Uang Gratis di bagian bawah layar.

    Apabila nominal transfer lebih dari Rp 500 ribu, kamu mesti memverifikasi akun Flip untuk melanjutkan transaksi.
    Transfer saldo LinkAja ke GoPay

  3. Ketuk +TAMBAH REKENING BARU pada bagian REKENING TUJUAN.

    Pilih BRI sebagai Rekening Tujuan. Paste nomor virtual account BRI yang kamu salin dari ShopeePay pada kolom nomor rekening. Atau kamu bisa menginput secara manual dengan nomor 112 + Nomor HP ShopeePay. Aplikasi Flip akan melakukan pengecekan nama pemilik akun ShopeePay (tulisan BRIVA + USERNAME). Jika sudah benar, ketuk LANJUT.

  4. Masukkan nominal transfer.

    Pada tahap ini, kamu juga bisa menambahkan keterangan Berita transfer. Misal, saya menambahkan OrangKamar.

  5. Pada layar konfirmasi, cek kembali detil transfer.

    Jika sudah benar, ketuk LANJUT KE METODE PEMBAYARAN.

  6. Pilih metode pembayaran.

    Untuk menikmati bebas biaya transfer di aplikasi LinkAja, kamu wajib memilih metode transfer Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Ingat, LinkAja hanya membebaskan biaya transfer ke bank Himbara. Sebagai contoh, saya menggunakan Bank Mandiri.

  7. Salin Nomor Rekening Flip dan Total Nominal Transfer.

    Pada halaman detil transfer, kamu bisa melihat Nomor Rekening Flip dan Total Nominal Transfer yang sudah ditambahkan kode unik transaksi. Sekarang saatnya kita berpindah ke aplikasi LinkAja.
    transfer saldo linkaja ke ShopeePay

  8. Buka aplikasi LinkAja.

    Pada halaman depan LinkAja, ketuk Kirim Uang dan pilih ke Rekening Bank.

  9. Pilih Bank Mandiri sebagai Bank Tujuan.

    Masukkan Nomor Rekening Flip sebagai rekening tujuan. Lalu ketuk Lanjut.

  10. Masukkan nominal transfer.

    Sesuaikan nominal transfer dengan Total Nominal Transfer di aplikasi Flip hingga digit terakhir. Jika sudah sesuai, tekan tombol centang merah.
    Nominal transfer LinkAja ke ShopeePay

  11. Pada layar Tinjau dan Konfirmasi, perhatikan kembali Detail Transaksi kalian.

    Cek kembali detail transaksi terutama untuk memastikan kecocokan nominal transfer dengan Total Nominal Transfer di aplikasi Flip. Jika sudah benar, ketuk Konfirmasi dan masukkan PIN LinkAja.
    Tinjau nominal transfer hingga digit terakhir - jangan sampai salah agar cepat diproses Flip

  12. Kembali ke aplikasi Flip dan konfirmasi SAYA SUDAH TRANSFER.

    Setelah itu tunggu Flip memproses transfer kalian. Transfer biasanya memakan waktu 1-10 menit.
    Konfirmasi sudah transfer di aplikasi Flip

  13. Selamat, kamu berhasil memindahkan saldo LinkAja ke ShopeePay tanpa biaya admin.

    Setelah Flip menunjukkan keterangan Transfer berhasil (gambar kiri), buka aplikasi Shopee. Ketuk ikon ShopeePay, dan cek bagian Transaksi Terakhir (gambar kanan). Di sana kamu bisa melihat laporan top up dari LinkAja yang sudah berhasil.
    Laporan transfer berhasil - Laporan top up ShopeePay

Baca juga:
1. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?
2. Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

Ada biaya admin, gak?

LinkAja punya kebijakan transfer gratis ke empat bank BUMN: Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Selain bank itu bakal kena biaya Rp 6.500. Memanfaatkan layanan transfer Flip ke empat bank tersebut, kamu bisa meniadakan biaya admin transfer alias gratis!

Minimal nominal transfer LinkAja adalah Rp 10.000 dengan limit harian Rp 2 juta. Berita baiknya, gak ada batasan kuota transfer, alias bebas biaya transfer berkali-kali.

Berapa lama waktu transfer LinkAja ke ShopeePay?

Transfer bersifat instan. Artinya, dana akan terkirim segera setelah transaksi terkonfirmasi.

Untuk mengecek status top up, buka akun ShopeePay dan cek bagian Transaksi Terakhir. Di sana kamu bisa melihat laporan top up dari LinkAja yang sudah berhasil.

Ada kendala transfer? Lakukan ini

Kamu mesti ingat bahwa transfer ini melibatkan setidaknya tiga pihak: LinkAja, Flip, dan ShopeePay. Perhatikan pada tahap mana kendala muncul dan segera hubungi CS terkait.

Lama penanganan bervariasi tergantung jenis kendala. Pastikan kamu memasukkan Nomor Rekening dan Nominal Transfer yang benar. Ini sering kali terjadi. Pengguna salah memasukkan nominal menyebabkan Flip gagal memverifikasi transfer. Cek lagi detil transfer sebelum konfirmasi.

  1. Kendala terjadi di LinkAja? Hubungi mereka melalui email [email protected] atau Call Center 150911 (siap-siap pulsa) dengan menyertakan Nomor Referensi.
  2. Kendala terjadi di Flip? Ketuk Bantuan di pojok kanan atas aplikasi, lalu pilih Hubungi Flip via Chat atau Hubungi Flip via Telepon.
  3. Kendala terjadi di ShopeePay? Ketuk simbol “?” alias Bantuan di pojok kanan atas layar ShopeePay, scroll hingga bawah, lalu ketuk Chat Shopee Sekarang pada bagian Hubungi Kami.

Epilog

Selain menggunakan Flip, kalian juga bisa memanfaatkan Neu atau OY yang sama-sama menawarkan layanan transfer antarbank tanpa biaya admin.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments