Bank Digital Dengan Fitur Mirip Flexi Saver Jenius

Cukup banyak yang salah paham mengira fitur Flexi Saver Jenius sebagai deposito. Penyebabnya barangkali karena bunga yang ditawarkan cukup tinggi serupa bunga deposito.

Karena itu, sebelum membahas bank dengan fitur mirip Flexi Saver, saya perlu sedikit meluruskan kesalahpahaman ini: upaya “pelurusan” yang ternyata membuat artikel ini lebih panjang dari seharusnya.

Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver

Harus jelas dulu ya bahwa Flexi Saver itu bukan deposito, melainkan tabungan “fleksibel” dengan bunga tinggi, 4% p.a. per April 2020. Bunga dihitung per hari dan dibayarkan tiap akhir bulan. Tanpa tenor atau jangka waktu.

Istilah “fleksibel” saya maksudkan untuk segera membedakannya dengan deposito atau tabungan berjangka. “Fleksibel” juga berarti kamu bisa nabung atau tarik dana sewaktu-waktu. Saya pakai istilah “fleksibel” agar salah pahamnya gak keterusan.

Mungkin orang bakal nanya, “Kok bunganya tinggi padahal tabungan?” Saya akan jawab, “Emangnya kenapa?” Bukan besaran bunga yang jadi ukurannya, tapi kriteria lain seperti tenor dan skema setorannya.

Kalo deposito itu ada tenornya. Setoran 1x di awal yang nominalnya biasanya tinggi. Terkadang minimal Rp 10 juta dan seterusnya. Meski ada juga yang mensyaratkan setoran hanya Rp 500.000 seperti Bank Sinarmas.

Di Jenius, jenis produk deposito bernama Maxi Saver. Setoran awal minimal Rp 10 juta (sekali) dengan jangka waktu paling sedikit satu bulan. Tapi, Maxi Saver gak seperti deposito umumnya. Jenius gak ngenain penalti bila deposito dicairkan sebelum tenor berakhir, meski tetap ada konsekuensinya yakni gak dapet bunga. Meski lebih luwes, tapi intinya tetap sama: ada tenor dan setoran 1x di awal.

Dengan demikian, Flexi Saver jelas bukan deposito karena gak mensyaratkan satu kali setoran awal dan gak ada tenor. Sampai di sini, cukup jelas?

Agar lengkap, saya juga perlu menyinggung produk tabungan berjangka. Di Jenius jenis tabungan berjangka disebut Dream Saver. Kalian bisa nabung rutin per hari atau minggu atau bulan, bisa pilih. Enaknya, Jenius menetapkan ketentuan yang lebih luwes dibanding bank lain. Sama seperti Maxi Saver, Dream Saver juga bisa distop tanpa penalti.

Baca juga:
1. Pomona: Upload Struk Belanja Dapat Cashback
2. 5 Aplikasi Transfer Antar-Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin

Beda Tabungan, Tabungan Berjangka, dan Deposito

Biar lebih jelas soal perbedaan tabungan, tabungan berjangka, & deposito saya rangkum “ciri-cirinya” di bawah ini:

Tabungan reguler/konvensional/fleksibel > tanpa tenor, bisa setor atau tarik sewaktu-waktu.

Tabungan berjangka > ada tenor, setor secara rutin sesuai kesepakatan di awal (harian/mingguan/bulanan), tarik setelah jatuh tempo, ada penalti bila melanggar ketentuan pencairan.

Deposito > ada tenor, setor sekali di awal, cair setelah jatuh tempo, ada penalti bila melanggar ketentuan pencairan.

Seperti saya jelaskan sebelumnya, di Jenius, jenis deposito dan tabungan berjangka gak ada ketentuan pencairan yang ketat. Dengan kata lain, gak ada penalti bila pencairan dana dilakuin sebelum jatuh tempo.

Kalian bisa baca lebih lengkap mengenai hal ini di sini > Beda Tabungan Reguler, Tabungan Berjangka, dan Deposito.

Bank Yang Punya Fitur Mirip Flexi Saver Jenius

Setelah kita tahu bahwa Flexi Saver bukan deposito, melainkan tabungan fleksibel dengan bunga tinggi, kita bisa lebih mudah mencari bank-bank yang menawarkan fitur serupa. Dua di antaranya adalah TMRW by UOB dan D-Save Danamon.

City of Tomorrow dari TMRW by UOB

TMRW by UOB punya fitur menabung namanya City of Tomorrow. Fitur ini dikemas layaknya game dengan level-level yang harus nasabah kalahkan untuk membangun sebuah kota impian.

Kota impian merupakan perumpamaan bagi cita-cita atau rencana yang ingin kalian capai. Makin banyak dan rutin kalian nabung, makin cepat kalian melewati level-levelnya, sehingga makin cepat pula kalian membangun sebuah kota impian.

Sama dengan Flexi Saver Jenius, bunga yang ditawarkan TMRW cukup tinggi, yakni 4% p.a. Bunga dihitung per hari dan dibayarkan per bulan. Sejak awal Januari 2020 lalu, TMRW menawarkan promosi bonus saldo GoPay Rp 100.000 bagi nasabah baru. Hingga artikel ini ditulis, di Google Play Store saja TMRW sudah diunduh lebih dari 50K pengguna.

Baca juga:
1. Aplikasi JadiDuit: Kerjain Misi dan Dapetin Uang Online
2. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?

D-Save Danamon

Kalau rekening D-Save Danamon unggulnya di fitur D-Save Plus multiple sub-account. Dengan fitur ini kalian bisa bikin rekening tambahan hingga 20 rekening. Jadi, kalau kalian punya banyak rencana ke depannya dan perlu pos-pos khusus untuk menabung, bisa pakai D-Save ini.

Sayangnya, bunga yang ditawarin cukup kecil untuk saldo di bawah Rp 500.000, yakni 0,5%. Bunga 4% baru diberikan bila saldo di atas Rp 25 juta.

Epilog

Kalian berniat menggunakan yang mana? Saya sendiri menggunakan ketiganya. Bukan karena uang saya banyak, tapi semata karena ingin punya pilihan.

Kalian yang ingin pilihan bank digital lain bisa menengok ulasan saya mengenai bank digital terbaik di Indonesia. Dalam artikel itu saya berusaha membandingkan kekurangan dan kelebihan masing-masing layanan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Subscribe
Notify of
guest
6 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments