[Trik] Cara Transfer Saldo LinkAja ke GoPay, Gratis!

Transfer LinkAja ke GoPay

Ada banyak skenario kenapa kamu ingin transfer saldo LinkAja ke GoPay. Misalnya, kemarin sore seorang kawan membayar patungan makan di Kober Mie Setan dengan saldo LinkAja. Awalnya saya minta dia membayar dengan GoPay, tapi saldonya gak cukup.

Akhirnya saya menerima pembayaran itu. Saat hendak membeli makanan di GoFood malam harinya, saya pun memindahkan saldo LinkAja ke GoPay.

Saya gak merasa itu merepotkan. Toh caranya mudah banget: saya hanya perlu memanfaatkan layanan transfer antar bank gratis bernama Flip sebagai penengah transfer.

Bagi orang yang gak suka membiarkan uang parkir di e-wallet, berapapun itu, cara ini juga bakal sangat membantu.

Perhatikan hal ini sebelum transfer

Tutorial ini menggunakan fitur Kirim Uang LinkAja dan layanan transfer Flip. Kedua fitur tersebut mensyaratkan verifikasi identitas. Sebelum mengikuti langkah-langkah transfer di bawah, pastikan kamu sudah meng-upgrade akun LinkAja menjadi Full Service dan melakukan verifikasi Flip.

Untungnya, Flip juga menyediakan layanan transfer tanpa verifikasi identitas dengan batas maksimal Rp 500.000. Jika kamu perlu melakukan transfer segera, gunakan jatah Rp 500.000 tersebut. Namun setelah itu sebaiknya verifikasi akun Flip kalian untuk meningkatkan batas transaksi hingga Rp 5 juta.

Belum punya akun Flip? Kalian bisa mendaftar menggunakan link ini. Dengan menggunakan link tersebut, kamu sekaligus mendukung blog ini. Tentu tanpa mengurangi hakmu atau menambah beban apapun.

Cara transfer saldo LinkAja ke GoPay

💡 Penting: Jangan transfer seluruh saldo LinkAja. Sisakan minimal Rp 1.000 sebagai kode unik ketika transfer via Flip. Misal, kamu punya saldo Rp 20.000 dan berniat memindahkannya ke GoPay. Besaran transfer sebaiknya gak lebih dari Rp 19.000, mengingat bakal ada tambahan kode unik yang berkisar dari Rp 1 sampai Rp 999.

Cara ini dimaksudkan terutama untuk menghindari biaya admin transfer secara sah memanfaatkan layanan transfer antar bank gratis dari Flip.

Jika kamu sedang dalam misi menghemat receh seperti saya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Flip dan ketuk Kirim Uang Gratis di bagian bawah layar.

    Jika transfer lebih dari Rp 500 ribu, kamu mesti terlebih dulu memverifikasi akun Flip.
    Transfer saldo LinkAja ke GoPay

  2. Ketuk +TAMBAH REKENING BARU pada bagian REKENING TUJUAN.

    Pilih CIMB/CIMB Syariah sebagai Rekening Tujuan. Masukkan nomor virtual account CIMB GoPay kalian pada kolom nomor rekening. Gunakan kode 2849 + Nomor HP GoPay. Aplikasi Flip akan melakukan pengecekan nama pemilik akun GoPay. Jika sudah benar, ketuk LANJUT.

  3. Masukkan nominal transfer.

    Pada tahap ini, kamu juga bisa menambahkan keterangan Berita transfer. Misal, saya menambahkan OrangKamar.

  4. Pada layar konfirmasi, cek kembali detil transfer.

    Jika sudah benar, ketuk LANJUT KE METODE PEMBAYARAN.

  5. Pilih metode pembayaran.

    Untuk menikmati bebas biaya transfer di aplikasi LinkAja, kamu wajib memilih metode transfer Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Ingat, LinkAja membebaskan biaya transfer hanya ke bank Himbara. Sebagai contoh, saya menggunakan Bank Mandiri.

  6. Salin Nomor Rekening Flip dan Total Nominal Transfer.

    Pada halaman detil transfer, kamu bisa melihat Nomor Rekening Flip dan Total Nominal Transfer yang sudah ditambahkan kode unik transaksi. Sekarang saatnya kita berpindah ke aplikasi LinkAja.

  7. Buka aplikasi LinkAja.

    Pada halaman depan LinkAja, ketuk Kirim Uang dan pilih ke Rekening Bank.

  8. Pilih Bank Mandiri sebagai Bank Tujuan.

    Masukkan Nomor Rekening Flip sebagai rekening tujuan. Lalu ketuk Lanjut.

  9. Masukkan nominal transfer.

    Sesuaikan nominal transfer dengan Total Nominal Transfer di aplikasi Flip. Perbedaan nominal bakal menyebabkan gagal transfer. Jadi, cocokkan nominal transfer hingga digit terakhir. Jika sudah sesuai, tekan tombol centang merah.

  10. Pada layar Tinjau dan Konfirmasi, perhatikan kembali Detail Transaksi kalian.

    Cek kembali detail transaksi terutama untuk memastikan kecocokan nominal transfer dengan Total Nominal Transfer di aplikasi Flip. Jika sudah benar, ketuk Konfirmasi dan masukkan PIN LinkAja.

  11. Kembali ke aplikasi Flip dan konfirmasi SAYA SUDAH TRANSFER.

    Setelah itu tunggu Flip memproses transfer kalian. Transfer biasanya memakan waktu 1-10 menit.

  12. Selamat, transfer berhasil.

    Setelah Flip menunjukkan keterangan Transfer berhasil, buka aplikasi Gojek dan ketuk Tap for history untuk melihat apakah saldo GoPay sudah bertambah.
    transfer saldo linkaja ke gopay berhasil

Jika punya rekening Mandiri, BNI, BRI, atau BTN, kamu saja bisa menarik saldo LinkAja ke rekening, dan setelah itu top up GoPay dari bank masing-masing. Hanya saja, cara itu potensial terkena biaya admin Rp 1.000 saat top up.

Jadi, balik lagi: mau sedikit repot tapi hemat atau gimana, nih?

Baca juga:
1. Review 5 Bank Digital Indonesia, Mana yang Terbaik?
2. D-Save: Tabungan Danamon Bebas Admin Bulanan

Ada biaya admin, gak?

Tergantung. LinkAja punya kebijakan transfer gratis ke empat bank BUMN: Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Selain bank itu bakal kena biaya Rp 6.500.

Minimal nominal transfer adalah Rp 10.000 dengan limit harian Rp 2 juta. Berita baiknya, gak ada batasan kuota transfer, alias bebas biaya transfer berkali-kali.

Berapa lama waktu transfer LinkAja ke GoPay?

Transfer bersifat instan. Artinya, dana akan terkirim segera setelah transaksi terkonfirmasi.

Buka aplikasi GoJek dan refresh untuk memperbarui jumlah saldo GoPay. Atau ketuk Tap for history untuk melihat detil riwayat transfer.

Ada kendala transfer? Lakukan ini

Kamu mesti ingat bahwa transfer ini melibatkan setidaknya tiga pihak: LinkAja, Flip, dan GoPay. Perhatikan pada tahap mana kendala muncul dan segera hubungi CS terkait.

Lama penanganan bervariasi tergantung jenis kendala. Pastikan kamu memasukkan Nomor Rekening dan Nominal Transfer yang benar. Ini sering kali terjadi. Pengguna salah memasukkan nominal menyebabkan Flip gagal memverifikasi transfer. Cek lagi detil transfer sebelum konfirmasi.

  1. Kendala terjadi di LinkAja? Hubungi mereka melalui email [email protected] atau Call Center 150911 (siap-siap pulsa) dengan menyertakan Nomor Referensi.
  2. Kendala terjadi di Flip? Ketuk Bantuan di pojok kanan atas aplikasi, lalu pilih Hubungi Flip via Chat atau Hubungi Flip via Telepon.
  3. Kendala terjadi di GoPay? Ketuk menu Explore, pilih Help, lalu I haven’t received my GoPay top up. Scroll ke bawah dan ketuk MAIL US.

Epilog

Saat ini saya sedang dalam misi menghemat receh. Saya gak bakal membiarkan uang parkir di e-wallet, seberapapun kecilnya.

Jika ada saldo di LinkAja dan saya perlu bertransaksi dengan GoPay, maka akan saya transfer ke sana. Begitu juga ketika saya perlu menggunakan DANA, OVO, ShopeePay, atau iSaku.

Gak sulit sama sekali. Kita bisa memanfaatkan layanan transfer antar bank seperti Flip, Neu, dan OY! untuk memindahkan dana. Layanan-layanan itu, selain minim biaya, juga gampang digunakan.

Seperti kali ini, saya ngebet makan chicken wing dan nemu diskon menggoda di GoFood. Ya sudah, saya top up GoPay dengan saldo LinkAja.

Artikel terbit pertama kali pada 29 Maret 2021 dan telah mengalami perubahan untuk menambah beberapa informasi yang relevan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments