Withdraw Saldo ShopeePay ke Rekening Bank

Barangkali kamu kelebihan mengisi saldo ShopeePay dan ingin menarik dana ke rekening bank — kamu bisa menggunakan fitur Tarik Dana ShopeePay.

Namun sebelum itu kamu mesti menambahkan Rekening Bank tujuan penarikan dana.

Pastikan juga kamu sudah memverifikasi identitas dengan mengunggah foto KTP atau Kitas. Sebab tanpa itu, kamu gak bakal bisa menarik dana.

Cara menambah rekening bank

Pertama, buka halaman ShopeePay. Kamu bisa melakukannya dengan mengetuk menu ShopeePay di halaman depan aplikasi Shopee.

Sekarang, ketuk ikon pengaturan yang bentuknya serupa gir di pojok kanan atas.

Pengaturan akun ShopeePay

Pengaturan yang kita cari adalah “Pilihan Penarikan Dana.”

Pengaturan akun ShopeePay

Halaman ini menampilkan Rekening Bank terdaftar yang dapat digunakan untuk melakukan pencairan saldo ShopeePay. Di bagian bawah, ketuk tombol “Tambah Rekening Bank.”

Isi kolom “Nama Pengirim di Rekening Bank” dengan nama lengkap sesuai nama pemilik rekening bank. Isikan “No. Rekening” dan “Nama Bank” sesuai rekening bankmu, lalu ketuk LANJUTKAN.

Pada halaman Konfirmasi Informasi Bank, kamu bisa melihat data-data yang sudah kamu masukkan. Cek apakah data-data sudah benar. Jika sudah sesuai, ketuk SELESAI dan masukkan PIN ShopeePay.

Setelah itu kamu bakal menerima SMS notifikasi penambahan rekening bank dari pihak Shopee.

Rekening bank yang baru kamu tambahkan bakal menampilkan keterangan Diperiksa. Ini artinya, Shopee sedang memverifikasi rekening bank. Proses ini memakan waktu sekitar 1 hari kerja.

Baca juga:
1. Review Nyala Digital: Layanan Perbankan Digital dari OCBC NISP
2. Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

Cara tarik saldo ShopeePay ke rekening bank

Setelah rekening bank terverifikasi kamu bisa melakukan penarikan saldo ShopeePay. Caranya gampang. Pertama, ketuk menu Tarik Dana di halaman ShopeePay.

Pilih rekening bank tujuan dengan mengetuk tulisan berwarna merah “Silakan pilih rekening bank.”

Tarik dana ShopeePay ke rekening bank

Masukkan nominal penarikan dana atau centang pilihan “Tarik saldo saat ini” untuk menarik seluruh saldo tersisa. Di layar yang sama, keterangan jumlah biaya akan ditampilkan pada bagian Biaya Administrasi.

Withdraw saldo ShopeePay

Di bagian bawah layar, kamu bisa melihat jumlah dana yang bakal masuk ke rekening bank. Jumlah ini sudah dipotong biaya transaksi (jika ada). Ketuk Lanjutkan.

Kamu akan diarahkan ke layar konfirmasi. Perhatikan kembali detil data penarikan. Jika semuanya sudah sesuai, ketuk Konfirmasi lalu masukkan PIN ShopeePay.

Konfirmasi pencairan saldo ShopeePay

Dana bakal segera masuk ke rekening bank tujuan. Kamu bisa mengecek Rincian Penarikan pada bagian Transaksi Terakhir, di halaman depan ShopeePay.

Jika terjadi masalah penarikan dana, salin No. Transaksi dan tunjukkan ke CS Shopee untuk memudahkan pelacakan transaksi.

Rincian penarikan saldo ShopeePay

Menghapus Rekening Bank di ShopeePay

Kamu mungkin berniat menghapus daftar rekening bank di ShopeePay, entah dengan pertimbangan apa. Tenang, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Bukalah pengaturan ShopeePay dengan mengetuk ikon serupa gir di pojok kanan atas, lalu ketuk “Pilihan Penarikan Dana.”

Pilih rekening bank yang hendak kamu hapus dan ketuk “Hapus.” Data rekening bank tersebut akan hilang dari daftar Pilihan Penarikan Dana.

Biaya dan lama penarikan dana 💡

Per 14 September 2021, minimal penarikan dana adalah Rp5.000 — namun bakal dikenakan biaya admin Rp3.000.

Update 14/9: Khusus penarikan saldo ke rekening SeaBank, pengguna dapat menikmati bebas biaya admin dengan penarikan minimum hanya Rp5.000.

Penarikan saldo ShopeePay minimal Rp 50.000 ke Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI bebas biaya dan memakan waktu 1 hari kalender. Penarikan di bawah nominal itu akan dikenai biaya Rp 3.000.

Keterangan biaya tarik saldo ke BCA, BRI, BNI, dan Mandiri.

Sementara penarikan dana ke bank lain akan dikenakan biaya Rp 3.000 untuk setiap penarikan dengan estimasi waktu pemrosesan 1 – 8 hari kerja.

Keterangan biaya tarik saldo ke bank selain BCA, BNI, BRI, dan Mandiri.

Artikel pertama kali terbit pada 21 Maret 2021. Diperbarui beberapa kali untuk menambahkan informasi yang lebih relevan.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments