Cara Tarik Tunai Saldo DANA di Alfamart, Gratis Admin!

Saya sangat menyukai dompet digital satu ini. Fiturnya lengkap, memudahkan transaksi nontunai. Dalam satu aplikasi kamu akan mendapatkan fitur transfer ke bank tanpa biaya admin 10x per bulan, binding kartu debit dan kredit, split bill, mengikuti loyalty program, DANA Bisnis bagi pengusaha kecil dan menengah (kamu bisa menerima pembayaran dari pelanggan dengan DANA), dan tentu saja, bahasan kita kali ini: fitur Cashout atau tarik tunai.

Untuk fitur Cashout atau tarik tunai saldo DANA, dompet digital ini bekerjasama dengan dua agen: jaringan retail Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN, dan LAWSON; serta Pegadaian. Luasnya jangkauan kedua agen tersebut memberi daya tawar tersendiri untuk fitur tarik tunai DANA.

Keunggulan tarik tunai di aplikasi DANA, yang tidak dimiliki aplikasi lainnya, tentu saja adalah bebas biaya administrasi. Pengguna DANA mendapat jatah 10 kali gratis biaya penarikan per bulan.

Jatah gratis penarikan ditampilkan pada layar aplikasi dan akan berkurang tiap kali transaksi. Inilah yang paling saya sukai dari DANA: mereka transparan soal fee.

Baca juga:
1. Cara Tarik Tunai Saldo LinkAja di ATM Bertanda Link
2. Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM dengan 4 Aplikasi Ini

Cara tarik tunai saldo DANA di Alfamart

Untuk dapat melakukan penarikan tunai, kamu harus terlebih dulu meng-upgrade akunmu menjadi DANA Premium dengan melakukan verifikasi KTP atau ID secara online melalui aplikasi DANA. Pastikan jumlah saldo DANA-mu mencukupi untuk melakukan penarikan tunai. Bila semuanya sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pada aplikasi DANA, pilih menu Cashout.

    Pilih salah satu agen: jaringan gerai Alfamart atau Pegadaian. Sebagai contoh, kita pilih penarikan uang di gerai Alfamart.tarik tunai saldo DANA di alfamart

  2. Di gerai Alfamart, beri tahu kasir kamu mau tarik tunai saldo DANA.

    Informasikan nomor handphone dan token kepada kasir. Token bisa kamu peroleh dengan menekan tombol SHOW TOKEN.

    Ingat, Token hanya valid atau aktif selama 5 (lima) menit. Jika masa aktif habis, tekan kembali SHOW TOKEN. Tenag, saldo tidak akan berkurang sebelum transaksi berhasil.
    tarik tunai di DANA tanpa biaya admin

  3. Beritahu kasir nominal penarikan saldo DANA.

    Minimal penarikan dana adalah Rp 50.000 dan maksimum Rp 1.000.000 per transaksi.

  4. Transaksi akan diproses kasir.

    Kamu berhasil melakukan penarikan uang tunai di Alfamart dengan fitur Cashout DANA.

Penarikan di Pegadaian caranya sama. Beritahukan tujuanmu pada satpam atau pegawai Pegadaian. Lalu ikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga:
1. Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan GoPay
2. Review Bibit: ‘Jajan’ Reksa Dana Online Dibantu Robo (Ada bonus Rp 25.000 lho)

Nominal penarikan saldo DANA

💡 Ingat: Maksimal penarikan tunai pertama saldo DANA adalah Rp 250.000 (berlaku di hari itu). Setelahnya penarikan dapat ditingkatkan hingga Rp 1.000.000 per hari.

Tarik tunai hanya dapat dilakukan dengan nominal kelipatan Rp 50.000.

Biaya admin tarik tunai saldo DANA

Seperti disebutkan di atas, pengguna mendapat jatah 10 kali gratis biaya tarik tunai. Setelah kuota habis, pengguna akan dikenakan biaya admin Rp4.500 per transaksi.

Kuota gratis penarikan tunai

Kuota gratis penarikan tunai atau Cashout diperbarui setiap tanggal 1 (satu). Kuota akan kembali ke posisi awal 10 kali gratis tarik tunai.

💡 Ingat: Perhitungan kuota tidak bersifat akumulatif, sehingga sisa kuota bulan sebelumnya akan hangus.

Misal, kamu punya sisa kuota Cashout 5 (lima) kali untuk bulan Mei. Di bulan berikutnya, tanggal 1 Juni, sisa kuota itu akan hangus dan kembali ke posisi 10 kali gratis Cashout — tidak diakumulasi menjadi 15.

Berapa lama proses penarikan dana?

Penarikan dana bersifat real time. Segera setelah transaksi berhasil, kamu bisa mengambil uangmu dari kasir gerai Alfamart, DAN-DAN, Alfamidi, Lawson, dan Pegadaian.

Token habis masa berlakunya?

💡 Ingat: Token hanya valid atau aktif selama 5 (lima) menit. Usahakan kalian sudah berada di gerai saat mengaktifkan Token.

Tenang saja. Jika masa berlaku token kamu habis, klik atau ketuk lagi Tampilkan Token. Gunakan token baru untuk penarikan tunai.

Epilog

DANA bukan satu-satunya dompet digital yang menawarkan fitur tarik uang tunai. LinkAja, saingannya yang berwarna merah itu, juga punya fitur tarik tunai di ATM Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

OY! Indonesia juga baru-baru ini merilis fitur yang sama. Seperti DANA, fitur tarik tunai OY! Indonesia bekerjasama dengan jaringan gerai Alfamart.

Meski tidak sendiri menawarkan fitur ini, soal biaya transaksi, memang hanya DANA yang bisa memberi kuota 10 kali tarik tunai bebas biaya admin.

Pernah coba fitur tarik tunai saldo DANA? Ceritain pengalamanmu di kolom komentar dong.

Artikel terbit pada 9 Agustus 2020 dan terakhir diperbarui pada 6 Juli 2021 untuk menambah informasi masa aktif Token dan batas maksimal penarikan harian. Saya juga menambahkan beberapa kotak callout untuk mempertegas informasi penting.

Subscribe
Notify of
guest
76 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments