Review BMoney: Investasi Reksa Dana Receh Mulai dari Rp1.000

Review BMoney: Bisa Investasi Receh Mulai dari Rp1.000

Sejak awal mengetahui BMoney, saya justru kepikiran pilihan namanya. Kenapa BMoney? Kenapa bukan A atau C atau Z Money? Apa yang spesial dari “B”? Apakah “B” singkatan dari Bukalapak, induk perusahaannya?

Ataukah “B” mencerminkan semacam popularitas dan kualitas, seperti dalam “A list” dan “B list”?

👍 Fitur unggulan: Minimal investasi kecil dan gak ada fee jual-beli.
👎 Kelemahan: Produk reksadana terbatas, metode pembayaran terbatas, dan belum ada fitur Robo Advisor.
❤️ Cocok untuk: Mereka yang mencintai Bukalapak dengan sepenuh hati.

Lompat ke bagian: Produk Reksa Dana 🛍️Aplikasi 📱Keamanan 🚨Biaya 💲Customer Service 📞Penghakiman ⚖️

Buka akun BMoney menggunakan kode REF-M4DAD dan dapatkan unit reksa dana senilai Rp10.000.

Sekilas tentang BIB dan BMoney 🅱

Buka Investasi Bersama (“BIB”) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berdiri pada 27 November 2018. Sejak berdiri, mayoritas saham BIB dipegang Bukalapak, membuatnya menjadi e-commerce pertama yang memiliki APERD.

Sebagai APERD, BIB telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. BIB juga sudah terdaftar di Kominfo sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik sejak 15 Maret 2021.

Di penghujung 2020, BIB menjalin kemitraan strategis dengan manajer investasi (MI) Ashmore Asset Management Indonesia. Ashmore AM mengambil alih 20 persen saham BIB senilai Rp 50 miliar. Kemitraan ini juga mencakup kesepakatan distribusi produk reksa dana Ashmore ke kalangan “underserved.”

Lepas tiga tahun setelah berdiri, pada 25 Juni 2021 BIB resmi meluncurkan aplikasi investasi reksa dana bernama BMoney. BIB menargetkan untuk memperoleh 500.000 pengguna BMoney di tahun pertama.

Produk Reksa Dana 🛍️

Per 27 September 2021, secara total BIB menjual 36 produk reksa dana dari 8 manajer investasi (MI). Meski begitu, saat ini hanya 32 produk yang tersedia di aplikasi BMoney. Dengan rincian 7 produk pasar uang, 9 produk pendapatan tetap, 3 produk campuran, dan 13 produk saham; dengan 5 diantaranya adalah produk syariah.

Ketika kita membandingkan variasi produk dan MI di BMoney dengan pesaing seperti Bibit, Bareksa, atau Tanamduit, praktis saja BMoney tampak culun. Lihat saja, di Bibit ada 138 produk, Bareksa 232 produk, sementara Tanamduit 105 produk.

Ini bukan berarti kalian gak bisa mendulang keuntungan dari produk yang tersedia, hanya saja cukup jelas kan pilihan bakal amat terbatas.

💡 Tips: Perlu diketahui, proses penyelesaian transaksi (settlement) reksadana mengikuti jam dan hari kerja Bursa Efek Indonesia. Proses pembelian dapat memakan waktu 2 – 3 hari kerja. Sementara penjualan perlu waktu 2 – 7 hari kerja. Lamanya pencairan tergantung pada alokasi aset produk reksa dana.

Saya perlu menjelaskan hal ini lagi karena masih kerap menemukan investor yang mencak-mencak di grup komunitas akibat penjualan unit RD-nya yang menurut dia makan waktu “lama.”

Aplikasi 📱

Saat ini aplikasi BMoney hanya tersedia di perangkat Android. Saya belum mendapat informasi kapan aplikasi ini akan hadir bagi pengguna iOS atau sistem operasi lain.

Per 23 September 2021, aplikasi BMoney sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali di Play Store dengan rating 4,1 dari 5 bintang.

Tampilan aplikasi BMoney by Buka Investasi Bersama.

💬 Apa kata pengguna?

Secara umum, pengguna tampak satu suara mengenai kosmetik BMoney. Pengguna memuji user interface aplikasi sebagai “keren” dan “menarik,” serta “mudah dipahami” cara mengoperasikannya. User bernama F. Lestari turut menggarisbawahi kinerja aplikasi yang menurutnya “responsif, ringan.”

Di sisi lain, beberapa pujian terkesan sangat off. Misalnya user yang menyebut “pilihan produk reksa dana yang beragam.” Faktanya, varian produk yang tersedia di BMoney sangat terbatas dibanding pesaingnya.

Review yang memberi bintang 5 mayoritas menyinggung aspek UI/UX. Sementara review dengan bintang 1, hampir semuanya menyinggung satu hal: lamanya proses verifikasi identitas.

Beberapa bahkan mengaku “sudah 2 minggu masih belum diverifikasi.” Mereka kecewa karena di layar konfirmasi pendaftaran BMoney mengestimasi “verifikasi pendaftaran kamu akan selesai maks. 3 hari bursa.”

✔️ Kelebihan

Minimal investasi kecil: Tentu saja fakta bahwa pengguna BMoney bisa berinvestasi mulai dari Rp1.000. Namun perlu dicatat: pembayaran nominal seceng hanya bisa dieksekusi dengan e-wallet DANA dan terbatas untuk produk reksa dana pasar uang Syailendra Dana Kas. Pengguna akan melihat minimum pembelian yang berbeda untuk produk lain.

Proses registrasi mudah: Formulir ringkas, bisa diisi kurang dari 5 menit. Verifikasi makan waktu hingga 3 hari bursa. Kalo kamu punya akun Bukareksa, tugas bakal lebih mudah. Hanya perlu login dengan akun Bukalapak.

No fee jual-beli: Seperti Bibit dan Bareksa, tidak ada biaya transaksi yang dibebankan oleh BMoney (meski pihak MI mungkin saja membebankan sejumlah biaya).

Buka akun BMoney menggunakan kode REF-M4DAD dan dapatkan unit reksa dana senilai Rp10.000.

❌ Kekurangan

Fee transfer penjualan: Saya ngerti, ngeluhin hal begini bakal bikin saya terlihat seperti kakek tua penggerutu. Tapi coba pikirin: mereka nawarin investasi mulai dari Rp1.000 (target mereka kalangan underserved), namun penjualan masih potensial terkena fee transfer dari Bank Penampung sebesar Rp6.500.

Penjualan di BMoney masih kalah praktis ketimbang saudara kandungnya: Bukareksa. Untuk produk tertentu di Bukareksa kita bisa menikmati fitur penjualan tanpa biaya transfer dan instan. Uang akan masuk sebagai saldo Bukalapak yang bisa langsung dicairkan ke rekening bank; gak perlu menunggu T + sekian hari seperti biasanya.

Apabila target mereka mereka memang kalangan underserved, skema penjualan tanpa biaya dan instan agaknya menjadi krusial. Setidaknya, tampilkan keterangan Bank Penampung seperti Bibit. Jadi pengguna bisa memilih produk yang sama dengan rekening bank yang mereka miliki.

Produk masih terbatas: Pilihan produk reksa dana masih terbatas. Hanya ada 36 produk dari 8 manajer investasi (MI) di BMoney. Bandingin dengan Bibit yang punya 138 produk atau Bareksa dengan 231 produk.

Belum ada Robo Advisor 🤖: Padahal target mereka adalah kalangan “underserved” yang cenderung belum melek mengenai produk reksa dana. Fitur Robo, seperti yang ditawarkan Bibit dan Bareksa, bisa membantu pengguna memilih produk sesuai profil risiko mereka.

Metode pembayaran terbatas 💳: BMoney hanya menyediakan e-wallet DANA sebagai metode pembayaran tunggal. Keputusan ini punya beberapa keterbatasan.

Pertama, repot harus top up DANA lebih dulu. Kedua, pengguna gak bisa membeli RD dengan nominal lebih dari Rp10 juta dalam sekali transaksi (mengingat batas maksimum saldo e-wallet hanya Rp10 juta). Ketiga, ekosistem tertutup seperti ini gak memberi pengguna pilihan sama sekali.

Baca juga:
1. Review Modal Rakyat: Pendanaan P2P dengan Modal Minim
2. Review GoPayLater: The Good, the Bad, and the Ugly

Keamanan 🚨

Legalitas: PT Buka Investasi Bersama merupakan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi OJK. Sejak 15 Maret 2021, BIB juga sudah terdaftar di Kominfo sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik.

Keamanan login dan transaksi: BMoney boleh jadi salah satu aplikasi keuangan paling YOLO di Indonesia. Why?

  • Pengguna hanya perlu memasukkan OTP satu kali saat login pertama.
  • BMoney gak menyediakan PIN untuk login maupun transaksi.
  • Pengguna bisa masuk ke aplikasi tanpa perlu memasukkan PIN atau password.
  • Fingerprint atau scan wajah? Itu mitos di sini!
  • Untuk mengamankan transaksi pembelian reksa dana, satu-satunya senjata BMoney adalah otentikasi OTP via SMS dari e-wallet DANA, satu-satunya metode pembayaran di sini.
  • Transaksi penjualan RD dapat diproses tanpa otentikasi sama sekali. Tinggal next next saja.

Notifikasi instan: Pengguna bakal menerima push notification transaksi beli-jual secara real time sehingga kamu bisa memonitor transaksi di akunmu secara lebih jelas. Selain itu, kamu juga bakal memperoleh konfirmasi transaksi melalui email.

Biaya 💲

Pihak Buka Investasi Bersama selaku APERD tidak membebankan biaya beli dan jual reksa dana. Meski begitu, pihak Manajer Investasi mungkin saja membebankan sejumlah biaya.

Biaya transfer ke rekening bank sebesar Rp3.500 saat penjualan mungkin saja timbul jika Bank Penampung reksa dana berbeda dengan bank pengguna. Sayangnya, BMoney tidak menampilkan keterangan Bank Penampung masing-masing produk.

Customer Service 📞

BMoney belum punya fitur chat in app. Jika ada kendala atau pertanyaan, pengguna hanya bisa menghubungi customer service melalui email [email protected].

Atau kalian bisa iseng mencoba menghubungi BMoney melalui akun sosial media mereka di Instagram @bmoney.id.

Penghakiman ⚖️

Seperti huruf “B” yang menempel di depan namanya, BMoney termasuk aplikasi investasi reksa dana dengan kualitas “B” — terutama ketika head to head dengan aplikasi pesaing.

BMoney masih kalah dari Bibit dan Bareksa baik dari segi variasi produk maupun fitur pendukung investasi seperti Robo Advisor.

Namun perlu dicatat: BMoney baru mulai. Kita berharap sumber daya dari Bukalapak dan Ashmore bakal mendongkrak perkembangan BMoney ke depan.

Untuk saat ini mereka berhak atas ⭐⭐⭐ tiga bintang. Selamat Letnan Jenderal!

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments