Ruang Kerja 001 – Ari Kurniawan

ruang kerja ari kurniawan

Ari Kurniawan (@idearik) adalah seorang blogger dan SEO Specialist untuk KreasiKU, agensi digital marketing yang berbasis di Denpasar. Beginilah ruang kerja Ari.

Siapa kamu dan apa kerjaan atau kesibukanmu?

Nama saya Ari Kurniawan. Dari jam 9 pagi hingga 5 sore saya adalah SEO Specialist untuk KreasiKU, agensi digital marketing yang berbasis di Denpasar, Bali. Setelah jam 5 sore, saya adalah blogger yang menulis berbagai topik secara gratis di idearik.com dan mengerjakan beberapa project lain. Blog pertama saya dibuat tahun 2007 dan domain pertama saya didaftarkan pada 2012 lalu. Ya, saya adalah salah satu blogger lama yang masih ‘bertahan’ hahaha.

Apa saja hardware yang kamu pakai?

Laptop pribadi saya adalah Asus A451L yang sudah diganti jadi full-SSD biar lebih ngebut. Ditambah Wireless Mouse dan Keyboard dari Logitech karena saya gak suka ngetik langsung di laptop. Di bagian bawah laptop adalah stand laptop modular hasil dari 3D Print yang dibuat oleh Robothead Studio Denpasar.

Pas bekerja saya juga ditemani (Death) Note dan alat tulis untuk mencatat. Kalau lagi ingin fokus, saya biasanya tinggal pasang Earphone SWING IE800 dan orang-orang di kantor akan paham. Tambahan juga, Google Pixel 2 sebagai device pribadi untuk komunikasi dan main Wild Rift.

Apa aja software yang kamu pakai?

Saya adalah orang yang tidak suka install software, jadi hampir semua tool yang dipakai adalah web-based yang bisa diakses dari Google Chrome. Sehari-hari saya biasa pakai Sheets, Docs, Notes, dan Calendar dari Google untuk bekerja.

Karena bekerja jadi SEO & Ads Specialist, jadi saya juga pakai beberapa tools untuk riset kata kunci yaitu UberSuggest, Ahrefs, Google Keyword Planner dan Google Trends. Tambahannya mungkin berupa aplikasi pemutar musik, bisa Spotify atau YouTube Music.

Apa pernak-pernik yang wajib ada di meja kerja?

Mungkin Notes dan alat tulis ya, soalnya lebih suka nulis notes dengan tangan dan bisa sekalian dicorat-coret kalau lagi bosen atau buntu mikirin strategi iklan.

Camilan termasuk ‘pernak-pernik’ enggak sih? Soalnya kalau lagi buntu banget, biasanya ngemil dulu.

Ceritain gimana ruang kerja impianmu?

  1. Harus ada 3 monitor, dua buat kerja, satu buat nonton video YouTube atau nonton Twitch.
  2. Harus ada pencahayaan alami yang bagus, cahaya buatan (bola lampu) itu gak enak banget buat kerja berlama-lama.
  3. Ada akuariumnya, kalau bisa akuarium air asin. Tahu gak kalau ‘melihat ikan’ itu bisa hilangin stress loh?
  4. Ada vending machine buat camilan!
  5. Meja dan kursi yang penting nyaman, gak usah yang berlabel ergonomis atau gaming.

Rubrik Ruang Kerja terinspirasi dari situs Uses This, Workspaces, dan PakeApa (situs Bahasa Indonesia yang telah lama hiatus). Bila ada kemiripan konsep dan format dengan ketiga situs tersebut, well, jelas itu disengaja.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments