Nih buat jajan: Platform Donasi ala Buy Me a Coffee, Tapi w/ Kearifan Lokal

Nih buat jajan

Saya ketemu layanan ini tanpa sengaja ketika sembarangan mengklik retweet-an orang di Twitter. Nih buat jajan, begitu nama layanannya, merupakan platform donasi ala Buy Me a Coffee namun dengan kearifan lokal.

Buat siapa: Platform yang baru meluncur pada 23 November 2020 menarget “para content creator” yang memerlukan layanan untuk menerima dukungan donasi dari penikmat karyanya.

Meski menyebut content creator secara umum, Nih buat jajan tampak memfokuskan diri pada blogger dan pemilik atau pengembang website. Itu tampak dari dukungan fitur tombol dan widget yang umum dipakai pada website.

Pengembang mengklaim cuma “butuh waktu semenit” untuk membuat halaman profil hingga “siap disebar dan bisa mulai dapetin duit jajan.”

Klaim itu terbukti benar, setidaknya pada kasus saya. Proses pendaftarannya mulus tanpa cela, gak ada “cegukan” sama sekali.

Model donasi dan metode pembayaran: Model donasinya sama dengan Saweria, yakni donasi sekali putus. Tidak perlu ada ikatan subscription atau langganan. Mau kasih jajan sekali saja? Bisa.

Kamu bisa berdonasi mulai dari Rp 10.000 dan kelipatannya. Ada tiga kelipatan default di sini: 1 kali, 3 kali, dan 5 kali; dengan satu kolom kelipatan custom.

Nih buat jajan mendukung metode pembayaran GoPay, DANA, OVO, dan LinkAja. Mereka bermitra dengan perusahaan seperti Xendit dan Midtrans untuk pemrosesan pembayaran.

‘Uang jajan’ akan dicairkan setiap tanggal 25 tiap bulan dan dikirim langsung ke rekening bank pengguna. Pencairan dana hanya akan diproses jika ‘uang jajan’ yang terkumpul sudah mencapai Rp 100.000.

Biaya layanan: Sama dengan biaya layanan KaryaKarsa, Nih buat jajan mematok biaya 10% dari total donasi. Artinya, jika kamu mendapat “uang jajan” Rp 100.000, sepuluh ribunya bakal dipotong sebagai biaya layanan.

Sebagai pembanding, Saweria dan Trakteer hanya mematok biaya 5 – 6% dari donasi. Bedanya, Nih buat jajan tidak membebankan biaya pencairan dana ke rekening bank pengguna.

Saya sih masih berharap bakal ada layanan mirip Ko-fi yang mendukung direct dan instant payment sehingga donasi langsung masuk ke rekening kita 🤑

Nih buat jajan
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments