Kredivo Menghentikan (Sementara) Fitur Bayar dengan QRIS

Kredivo menonaktifkan fitur pembayaran QRIS di aplikasinya per 2 April 2024, pukul 21.00 WIB.

Pengguna yang mencoba men-scan kode QRIS akan mendapat respons: “Kesalahan terjadi saat memproses Kode QR. Silakan coba lagi.”

Saat ini, untuk transaksi di merchant on site, praktis pengguna Kredivo bakal bergantung pada fitur Barcode Kredivo.

Meski penonaktifan ini bersifat sementara, belum ada keterangan dari Kredivo mengenai hingga kapan penonaktifan berlangsung.

QRIS Kredivo adalah fitur pembayaran berbasis teknologi QRIS hasil kerjasama Kredivo dengan Kaspro, sebuah perusahaan penyedia layanan e-money yang memiliki lisensi QRIS dari Bank Indonesia.

Kerjasama seperti ini umum terjadi di antara penyelenggara layanan keuangan. Pihak yang tidak memiliki lisensi layanan tertentu, bakal bekerja sama dengan pihak pemegang lisensi. Dalam hal ini, Kaspro.

Ada beberapa kemungkinan penyebab penonaktifan sementara layanan QRIS di Kredivo. Pertama, peningkatan layanan. Misalnya, perbaikan integrasi Kredivo dan Kaspro. Kedua, pergantian partner penyedia layanan. Termasuk kemungkinan akuisisi penyedia layanan lain atau malah membuat anak perusahaan baru untuk itu. Ketiga, berujung penghentian layanan. Meski kemungkinan ini kecil, mengingat pembayaran QRIS kian populer.

Kredivo menyetop banyak fitur

Ini fitur pembayaran kedua yang dinonaktifkan Kredivo di tahun 2024. Sebelumnya, pada bulan Maret 2024, Kredivo menghentikan layanan kartu kredit Flexi Card hasil kerjasama dengan Bank Sampoerna. Awalnya Flexi Card ditawarkan secara terbatas kepada pengguna terpilih. Fitur ini bertahan hanya dua tahun (diluncurkan pada akhir 2021).

Setahun sebelumnya lebih mengejutkan lagi. Tahun 2023 menjadi tahun berakhirnya fitur andalan Kredivo 0-Click Checkout. Fitur ini tak lagi tersedia di hampir semua lokapasar (marketplace) besar seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Saat ini, 0-Click Checkout hanya tersisa di Bukalapak.

Sebagai gantinya, Kredivo memperkenalkan fitur baru bernama “Belanja di … [isi nama lokapasar]” seperti Belanja di Tokopedia, Belanja di Shopee, dst. Fitur ini memanfaatkan metode pambayaran Virtual Account (VA) yang tersedia di masing-masing lokapasar. Perlu diketahui, ketentuan limit kredit di metode pembayaran baru ini berlaku sama seperti sebelumnya.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments